Pekanbaru tutup operasional Pelabuhan Sungai Duku jelang Idul Fitri 1442 H

id Sungai Duku tutup,Sungai duku, pelabuhan sei duku, pelabuhan pekanbaru

Pekanbaru tutup operasional Pelabuhan Sungai Duku jelang Idul Fitri 1442 H

Aktivitas Pelabuhan Sei Duku. (ANTARA/Vera lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menutup operasional angkutan laut dan sungai yang melalui Pelabuhan Sungai Duku, selama 13 hari ke depan, atau menyambut Idul Fitri 1442 Hijriyah.

"Penutupan Pelabuhan ini mengacu pada pelarangan mudik oleh Menteri Perhubungan terhitung 6 Mei hingga 17 Mei 2021," kata Kepala UPT Pelabuhan Sungai Duku Etria di Pekanbaru, Rabu.

Ia mengatakan dalam Surat Edaran Walikota Pekanbaru yang merupakan tindak lanjut pelarangan mudik oleh Menteri Perhubungan RI Nomor 13 tahun 2021, tentang pengendalian transportasi selama masa Idul Fitri 1442 H, UPT Sungai Duku menutup operasional untuk keberangkatan dan kedatangan penumpang kapal.

"Kami sudah sampaikan edaran ini kepada pengusaha angkutan laut dan sungai yang biasa beroperasi di Sungai Duku Pekanbaru," katanya.

Kata Etria, penutupan operasional Pelabuhan Sungai Duku ini guna mengantisipasi pelarangan mudik, dalam rangka pencegahan penularan COVID-19.

"Selain Permenhub, landasan edaran Walikota juga ada Peraturan Gubernur Riau no 80/SE/HK/2021, tentang larangan mudik lebaran dalam masa pandemi tertanggal 30 April lalu.

"Jadi kami minta seluruh jasa angkutan kapal agar tidak melayani turun naik penumpang selama kurun waktu itu, kepada masyarakat juga diimbau agar tidak mudik mulai tanggal 6-17 Mei. Saya mengimbau masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (Prokes) dengan 5 M yakni menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas dan interaksi," katanya.

Untuk pengawasan lanjut dia, UPT membuka posko pengendalian di Pelabuhan Sungai Duku. Sehingga tidak ada yang lolos dari pelarangan.

"Kami tetap bertugas tidak libur, ada posko penjagaan di Pelabuhan Sungai Duku," tukasnya.

Baca juga: Pelabuhan Merak, Banten kembali sepi

Baca juga: Aktifitas Pelabuhan Sungai Duku masih normal jelang Idul Fitri 1442 H