ARUS MUDIK - Pemudik di Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru meningkat 100 persen

id sungai, duku, meningkat, 100

ARUS MUDIK - Pemudik di Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru meningkat 100 persen

Calon penumpang usai membeli tiket kapal di Pelabuhan Sungai Duku. (ANTARA/Annisa Firdausi)

Pekanbaru (ANTARA) - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Sungai Duku Pekanbaru melaporkan telah terjadi peningkatan arus mudikmelalui jalur laut di Sungai Duku Pekanbaru sejak H-7 kemarin hingga hari ini.

Untuk angkutan pemudik di Pelabuhan Sungai Duku seperti angkutan Speedboat Naga Line dan Meranti Ekspres mengalami peningkatan sekitar 90 persen dari kapasitas angkut.

Petugas Pelabuhan Sungai Duku, Fiktori mengatakan, untuk penumpang Speedboat sudah penuh tanggal 19-20 April. Sementara, untuk Kapal KM Jelatik sudah penuh tiketnya dari tanggal 18- 20 April 2023.

"Untuk speedboat pada tanggal 20 April akan ada penambahan jadwal keberangkatan. Diperkirakan prediksi puncak mudik itu pada hari ini karena ada tiga armada yang akan berangkat, dan ketiga armada tersebut sudah terisi penuh," ujar Fiktori,di Pekanbaru,Kamis.

Selain itu, kata dia, nantinya pelabuhan Sungai Duku akan libur satu hari pada hari raya pertama. Namun, pihaknya belum tahu apakah liburnya tanggal 21 atau tanggal 22 April. Selanjutnya, pelabuhan akan kembali aktivitas lagi di hari raya kedua.

Dijelaskannya, peningkatan penumpang mulai terjadi H-7 dan diperkirakan puncaknya pada hari ini. Oleh sebab itu, untuk mengantisipasinya denganmenambah jadwal keberangkatannya.

Kemudian untuk harga tiket tidak ada kenaikan, harga tiket tetap untuk speedboat Rp237 ribu termasuk boarding pass. Sedangkan untuk kapal KM Jelatik Rp162 ribu per orang menuju Selatpanjang.

Fiktori mengimbau untuk masyarakat yang akan melakukan mudik lebaran di Pelabuhan Sungai Duku agar mengkonfirmasi kepada agen loket untuk kapal atau Speedboat untuk keberangkatannya. Apakah masih tersedia atau tidak.

"Masyarakat bisa memilih alternatif melalui pelabuhan Buton atau Speedboat Naga Line atau Meranti Ekspres dengan mengkonfirmasi ke agennya apakah tanggal yang akan dia rencanakan berangkat masih tersedia tiketnya atau tidak. Sementara itu untuk posko di pelabuhan sudah dimulai sejak H-15 sampai dengan H+15," tutupnya.