Kapten Kapal asal India berlabuh di Dumai positif COVID-19, varian baru?

id india, kapten kapal india,dumai, kota dumia,gubernur riau

Kapten Kapal asal India berlabuh di Dumai positif COVID-19, varian baru?

Sebuah kapal berlabuh di Dermaga C Pelabuhan Pelindo I Dumai di Dumai, Riau, Senin (8/6/2020). (ANTARA/Aswaddy Hamid)

Pekanbaru (ANTARA) - Kapten kapal berkewarganegaraan India yang sebelumnya berlabuh di Dumai dinyatakan positif COVID-19 sedangkan 22 Anak Buah Kapal (ABK) lainnya yang juga berkebangsaan yang sama, dinyatakan negatif.

Gubernur Riau, Syamsuar, Senin memastikan, kapten kapal yang sudah berstatus terkonfirmasi itu sudah dilakukan uji usap atau swab test. Kemudian hasil usap dari kapten kapal berkewarganegaraan India itu, telah dikirim ke Jakarta.

"Kebetulan pasien ini dari luar negeri, tepatnya India. Perlu memang pemeriksaan. Dan hasil swabnya dikirim ke Jakarta," kata Gubri.

Menurut Gubernur Riau, alasan pengiriman hasil uji swab ke Jakarta, sebagai bentuk antisipasi penyebaran virus COVID-19 varian baru. Pasalnya menurut mantan Bupati Siak ini penyakit dari kapten kapal berkebangsaan India itu, tergolong berat dan harus dirawat di ruang ICU.

"Sekarang lagi dirawat, pasien ini tergolong berat, sudah dirawat di ruang ICU. Karena labor kita belum bisa mendeteksi virus varian baru. Makanya dikirim ke Jakarta," papar Syamsuar.

Seperti diketahui India telah melaporkan sejumlah kasus varian COVID-19 yang mulanya muncul di Inggris, di Afrika Selatan dan di Brazil. India mencatat 47.262 infeksi baru dalam sehari, tertinggi sejak awal November, sehingga jumlahnya mencapai 11,7 juta kasus.

Baca juga: Jumlah kematian akibat COVID-19 di India lampaui 200.000 orang

Baca juga: Inggris akan kirim lagi sebanyak 1.000 ventilator ke India