Peringatan 57 tahun pemasyarakatan, Rutan Siak ubah pola pikir pemidanaan

id hari permasyarakatan, lapas siak, siak,rutam siak

Peringatan 57 tahun pemasyarakatan, Rutan Siak ubah pola pikir pemidanaan

Jajaran Rutan Kelas II B Siak ketika mengikuti Hari Bakti Pemasyarakatan ke-57.(ANTARA/HO-Rutan Siak)

Siak (ANTARA) - Kepala Rumah Tahanan Kelas IIB Siak Sri Indrapura, pejabat struktural beserta jajaran mengikuti kegiatan Upacara Dalam Rangka Memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-57 secara virtual melalui aplikasi, Selasa.

Kegiatan yang diikuti dari aula Rutan Siak ini mengusung tema akselerasi adaptasi pemasyarakatan PASTI lebih maju. Dalam peringatan tersebut Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menjadi inspektur upacara.

“Peringatan 57 Tahun Pemasyarakatan membawa semangat besar untuk mengubah pola pikir publik terkait sistem peradilan pidana. Salah satunya adalah menghapus kecenderungan 'prisonoriented' atau dalam menyelesaikan masalah kejahatan selalu berujung pada pemenjaraan,” kata Mahfud MD.

Dia menambahkan bahwa dalam pendekatan sistem pemasyarakatan diperlukannya pembinaan yang berkesinambungan, sistematis, dan terarah. Tentunya dengan mengedepankan perlakuan yang manusiawi dan menghormati hak-hak narapidana sebagai manusia.

"Inilah keyakinan yang sampai saat ini perlu kita perjuangkan, kita sebarkan, kita tularkan agar menjadi kesadaran kolektif dan akhirnya menjadi budaya bersama,” ucapnya.

Setelah upacara dilaksanakan kemudian dilanjutkan dengan pemberian sertifikat penghargaan bagi Pejabat dan Pegawai teladan. Upacara berlangsung hikmad dengan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Rutan Kelas II B Siak berkapasitas 128 orang tetapi dihuni 300 lebih warga binaan dengan perempuan berjumlah belasan orang. Itu belum termasuk tahanan dari kepolisian yang akan masuk sehingga termasuk sangat melebihi kapasitas.

Baca juga: Cegah pengendalian narkoba, razia Rutan Siak ditinjau Kanwil Kemenkumham Riau

Baca juga: Tinjau Rutan Siak terbakar, Menkumham minta Pemda bantu pembangunan

Baca juga: Rutan Dumai terima pemindahan 5 warga binaan Rutan Siak