Warga binaan di Rutan Siak dibekali wawasan kebangsaan dan bela negara

id Lapas siak, narapidana siak, wawasan kebangsaan, hut ri,Rutan siak

Warga binaan di Rutan Siak dibekali wawasan kebangsaan dan bela negara

Rutan Siak bersama Koramil 003 Siak.(ANTARA/HO-Rutan Siak)

Siak (ANTARA) - Warga binaan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kabupaten Siak antusias mengikuti sosialisasi penguatan wawasan kebangsaan dan bela negara yang ditaja oleh pihak Rutan bersama Komandan Rayon Militer (Koramil) 003.

Kegiatan itu sekaligus memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-76 tahun 2021 berlangsung dengan khidmat di Aula Rutan Siak, Sabtu.

Kapten Inf Junaidi sebagai salah satu pemateri pada kegiatan itu menyampaikan, nasionalisme terhadap Indonesia diwujudkan dalam bentuk gerakan nasionalis sehingga muncul kesadaran untuk memperkokoh persatuan dan menghindari diri dari segala bentuk perpecahan.

"Contoh sederhananya, wawasan kebangsaan dan bela negara dari warga binaan adalah dengan mengikuti pembinaan, menaati aturan, tidak memakai narkoba serta tidak menggunakan handphone secara ilegal selama di dalam Rutan," kata Junaidi dalam arahannya.

Dia juga berpesan kepada warga binaan bahwa kelak setelah bebas nanti mereka harus mencari pekerjaan yang halal untuk menghidupi keluarganya. Di samping itu, mereka harus tidak kembali jatuh ke lobang yang sama, tanamkan pada diri harus lebih baik dari hari sebelumnya.

Sementara itu, Kepala Rutan Kelas IIB Siak Tonggo Butar-butar menyampaikan kepada warga binaan bahwa pada bulan ini ada pembagian remisi Hari Kemerdekaan. Maka dari itu ia mengingatkan untuk menciptakan suasana yang kondusif di dalam Rutan.

"Karena setiap pelanggaran dapat menggagalkan setiap program pembinaan Rutan Siak," katanya.

Karutan Siak itu juga mengatakan kegiatan ini merupakan hal wajib dijiwai semua orang termasuk para nara pidana agar menumbuhkan kecintaan terhadap tanah air.

"Wawasan Kebangsaan adalah cara kita memandang ke depan dan rasa cinta terhadap bangsa. Dan hal ini penting untuk diketahui dan dilaksanakan oleh semua orang tanpa terkecuali," ujarnya.

Dengan begitu, warga binaan yang mengikuti kegiatan ini diharapkan ada perubahan dalam diri dan setelah keluar dari Rutan dapat berbuat baik dengan memberikan banyak manfaat bagi bangsa dan negara.

"Dengan terlaksananya kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air pada warga binaan dan mempunyai wawasan kebangsaan serta dapat berperan aktif untuk mewujudkan kemajuan bangsa dan negara," tuturnya.

Baca juga: Kadivpas minta Rutan Siak tindak tegas jika ada oknum petugas selundupkan barang terlarang

Baca juga: Ponsel coba diselundupkan ke Rutan Pekanbaru dibungkus makanan