Ekonomi Pekanbaru mulai menggeliat, ini buktinya

id Ekonomi menggeliat,ekonomi pekanbaru,pekanbaru, covid pekanbaru

Ekonomi Pekanbaru mulai menggeliat, ini buktinya

Suasana sebuah tempat makan di Kota Pekanbaru. (ANTARA/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Meski pandemi COVID-19 masih berlangsung,perekonomian Kota Pekanbaru mulai bangkit dan menggeliat. Hal ini dibuktikan dengan mulai naiknya realisasi penerimaan pajak restoran setempat dari rata-rata Rp2,2 miliar per bulan tahun 2020 menjadi Rp7 miliar tahun 2021.

"Contohnya saja untuk pajak restoran sekitar Rp7 miliar per bulan saat ini," kata Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin di Pekanbaru, Jumat.

Dikatakan Zulhelmi, saat normal sebelum pandemi COVID-19, penerimaan pajak restoran mencapai Rp11 miliar lebih perbulan.

"Ketika wabah pandemi COVID-19 anjlok menjadi Rp 2,2 miliar per bulan. Sekarang pascapandemi sudah mulai naik lagi," katanya.

Sementara itu Pengamat Ekonomi Universitas Riau (Unri) Dahlan Tampubolon mengatakan, sejak awal tahun bisnis kuliner ternyata perlahan mulai menggeliat dan normal. Selain yang daring atau drive trhu juga yang makan di tempat.

Kawasan pusat jajanan di sekitar Jalan Sumatera dan Jalan Arifin Achmad terpantau sudah mulai bangkit dan bergairah, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

"Lot parkir di rumah makan/kafe atau restoran di tiap sudut kota Pekanbaru mulai penuh walaupun masih menjalankan pembatasan jarak antar pengunjung," kata Dahlan.

Pascapandemi, aktifitas ekonomi sejak awal tahun di Pekanbaru diperkirakan akan mampu bangkit dibandingkan triwulan IV tahun 2020, walau tetap masih alami kontraksi.

"Perkiraan saya, pada triwulan I tahun 2021, ekonomi Pekanbaru masih akan terkontraksi dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Hal ini disebabkan masih tingginya angka positif COVID-19 dan belum tuntasnya vaksinasi tahap 2 (kepada pelayan publik). Hal ini menyebabkan masih adanya rasa kuatir dan berjaga-jaga dari masyarakat," katanya.

Dahlan memperkirakan kebangkitan ekonomi baru di triwulan II.

"Di triwulan II tahun ini baru mulai ada pertumbuhan yang positif dibanding periode yang sama tahun lalu," tukasnya.

Baca juga: Tekan pengangguran, Disnaker Pekanbaru buka layanan kartu kuning dan loker keliling

Baca juga: Pertamina sanksi lima SPBU di Pekanbaru langgar ketentuan penyaluran premium