BI Perwakilan Provinsi Riau libatkan 26 UMKM bangkitkan ekonomi syariah

id BI Riau,FESyar, Riau, Pekanbaru, ekonomi syariah

BI Perwakilan Provinsi Riau libatkan 26 UMKM bangkitkan ekonomi syariah

Asisten II Setdaprov Riau M Job Kurniawan di dampingi Kepala BI Riau Panji Ahmad saat membuka resmi Festival Ekonomi Syariah (FESyar) tahun 2024 di Pekanbaru, Sabtu. ANTARA/HO-Humas Pemerintah Provinsi Riau.

Pekanbaru (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) Riau menggelar Festival Ekonomi Syariah (FESyar) tahun 2024 guna memperkuat ketahanan ekonomi Syariah di Riau melibatkan empat lembaga zakat, infaq, sadaqah, dan wakaf (ZISWAF) dan 26 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Sebanyak 26 UMKM itu bergerak di bidang halal food, fesyen, kriya. Semoga kegiatan ini berdampak dalam mendukung inklusi keuangan Syariah di Riau, dan menjadi agenda kolaboratif rutin dengan para pemangku kepentingan terkait," kata Kepala BI Riau Panji Ahmad di salah satu pusat perbelanjaan modern di Pekanbaru, Sabtu.

Menurut Panji, FESyar ini sudah memasuki tahun ke-11 dirangkaikan dengan "Riau Sharia Week 2024" yang juga bagian dari Road to FESyar Regional Sumatera 2024 bertema sinergi untuk memperkuat ketahanan dan kebangkitan ekonomi syariah di Riau.

Ia menyebutkan, dalam kegiatan selama 27-28 April 2024 penjualan aneka produk UMKM disimpan di dalam lemari pendingin di bidang halal food itu juga menampilkan busana rancangan 10 desainer binaan BI Riau.

"Semoga dalam agenda rutin BI Riau ini bisa mendorong UMKM bangkit kembali setelah sempat terpapar pandemi COVID-19 beberapa tahun lalu sekaligus dalam upaya mempercepat pemulihan ekonomi nasional dan khususnya Riau," katanya.

Asisten II Setdaprov Riau M Job Kurniawan mengapresiasi BI Riau dalam menggelar "Riau Sharia Week 2024" yang menjadi kesempatan besar bagi pelaku UMKM bergerak di bidang fesyen dan makanan halal.

"Pemerintah Riau terus mendorong pertumbuhan kawasan industri halal dan komitmen terhadap pengembangan zakat apalagi saat ini Riau sedang mematangkan persiapan untuk siap menjadi pusat penelitian industri halal," kata M. Job Kurniawan.

Tekad ini ditandai dengan Provinsi Riau meraih 6 penghargaan dari 10 kategori Anugerah Adinata Syariah 2023 yang diinisiasi oleh Info Bank, bekerja sama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) dan Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) serta sejumlah lembaga syariah lain.