Kemenag Siak luncurkan "Siskohat Mobile", daftar haji tak perlu lagi ke kantor

id Siskohat online, kemenag siak, siak, bupati siak

Kemenag Siak luncurkan "Siskohat Mobile", daftar haji tak perlu lagi ke kantor

Peluncuran Siskohat Mobile Kemenag Siak.(ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Siak meluncurkan aplikasi Sistem informasi dan komputerisasi haji terpadu (Siskohat) Mobile bagi masyarakat yang ingin mendaftar sebagai calon jamaah haji tidak perlu lagi datang ke kantor, karena ada petugas keliling yang akan datang di setiap kecamatan-kecamatan.

"Siskohat ini mempermudahkan masyarakat untuk mendaftar haji. Mana tahu masyarakat tidak memiliki kendaraan ke Siak, kami siap membantu dengan Siskohat ini," kata Kepala Kemenag Siak, Muharom, Kamis.

Siskohat Mobile diluncurkan bersama Bupati SiakAlfedri dan juga kepala Kantor Wilayah Kemenag, Riau Mahyudin. Juga ada Wakil Bupati Siak terpilih Husni Merza, Kepala Kemenag se Riau serta Ketua Majelis Ulama Indonesia Siak, Sofwan Saleh.

Pendaftaran haji keliling ini diprioritaskan untuk kecamatan-kecamatan yang jauh dari ibu kota kabupaten, seperti Kecamatan Kandis, Minas dan Tualang. Namun pihak Kemenag juga akan turun ke kecamatan-kecamatan dekat dari ibu kota.

Muharom menjelaskan, tujuan peluncuran ini untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Selain itu masyarakat juga bisa lebih irit biaya, karena tidak perlu lagi ke kantor Kemenag untuk mendaftar.

"Saat ini untuk armada Alhamdulillah kita sudah siap satu unit, dan tadi pak bupati juga mengatakan Pemkab Siak akan membantu unit mobil untuk menambah pelayanan Siskohat Mobile ini," ungkap Muharom.

Selain itu kata Muharom, untuk kecamatan terdekat pihaknya akan berkoordinasi dengan KUA setempat. Kalau diperlukan pihaknya akan ke sana, meskipun di kecamatan terdekat seperti Mempura ataupun Bungaraya.

Muharom mengatakan, saat ini kantor Kementerian Agama Kabupaten Siak melayani rata-rata 30 sampai 40 masyarakat yang ingin mendaftar haji.

"Artinya setidaknya ada satu orang setiap hari yang mendaftar," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Siak, Alfedri mengapresiasi aplikasi yang diluncurkan Kemenag Siak ini. Alfedri mengatakan program ini selaras dengan Pemkab Siak memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

"Dengan adanya Siskohat Mobile ini, semoga pelayanan terbaik terus kita berikan kepada masyarakat. Ke depan, kita harapkan pelayanan ini tidak hanya sampai di tingkat kecamatan, melainkan sampai ke kampung-kampung," ucap Alfedri.

Baca juga: 276 jamaah calon haji asal Siak dilepas ke Embarkasi Antara Riau

Baca juga: Wow, Selly Erwina siswi MAN 2 Pekanbaru ikuti ajang STEM Olimpyad di Jerman