1.420 siswa ikuti ujian akhir Madrasah di Siak

id Ujian. Madrasah. Kanwil Kemenag.,UNBK 2019,un 2019,ujian nasional 2019,kisi kisi un 2019,soal un 2019,berita riau siak,berita hari ini,berita riau ter

1.420 siswa ikuti ujian akhir Madrasah di Siak

Ilustrasi Siswi mengerjakan Ujian Madrasah (Antara)

Siak, Riau (ANTARA) - Sebanyak 1.420 siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kabupaten Siak, Provinsi Riau mengikuti Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional mulai Rabu ini hingga Jumat mendatang dengan dengan sistem berbasis komputer.

"Ujian semuanya berbasis komputer menggunakan 'shift' dengan waktu 90 menit satu 'shift'," kata Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Kabupaten Siak, Muharom di Siak, Rabu.

Dikatakannya bahwa mata pelajaran yang diujiankan ada tiga yakni Al-Qur'an Hadits, Fiqih, dan Sejarah Kebudayaan Islam. Ujian tersebut diikuti oleh sebanyak 40 MTs yang diantaranya hanya tiga yang merupakan sekolah negeri.

Untuk proses ujian ini, para adik kelas tidak diliburkan tapi diminta untuk belajar di rumah agar kakak-kakaknya fokus konsentrasi. Selain itu juga katena setelah selesai ini para adik kelas itu juga akan mengikuti ujian tengah semester.

Baca juga: PLN siapkan 172 personel siaga untuk UNBK dan Pemilu 2019 di Pekanbaru

Lebih lanjut Muharom menyampaikan bahwa ujian ini salah satu dari tiga ujian yang dijalani Kelas IX MTs. Ujian kedua nantinya yakni Ujian Nasional sama halnya dengan SMP dan ketiga adalah Ujian Sekolah.

"Ujian Madrasah ini nanti akan dituliskan nilainya," imbuh dia.

UN untuk MTs juga berbasis komputer atau yang disebut UNBK dilaksanakan serentak pada 22 April nanti. Ada empat mata pelajaran yang diujiankan yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Kemudian terakhir ujian sekolah bagi MTs para siswa akan mengikuti dua mata pelajaran yakni Akidah Akhlak dan Bahasa Arab."Lulus tidak lulus sekarang ditentukan sekolah, tapi nilainya tetap ditulis," tambahnya.

Baca juga: Anggaran UNBK SMK/SMA di Riau dipangkas jadi Rp10 M, Kok bisa?