Bank Muamalat alokasikan UMKM Rp1Triliun

id bank muamalat, alokasikan umkm rp1triliun

Pekanbaru (ANTARARIAU News) - Bank Muamalat Cabang Pekanbaru pada tahun ini mengalokasikan Rp1 triliun untuk kredit usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Provinsi Riau.

"Kredit untuk UMKM terus kami tingkatkan setiap tahun," kata Kepala Wilayah Bank Muamalat Wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), Bambang Kusnaidi, di Pekanbaru, Jumat.

Menurut dia, jumlah alokasi kredit UMKM Mualamat di Riau naik menjadi Rp1 triliun dibandingkan pada tahun 2011 yang mencapai Rp600 miliar.

Ia menjabarkan, kredit UMKM itu dialokasi 30 persen untuk sektor perkebunan, 30 persen untuk konstruksi dan 40 persen untuk skim Muhammadiyah Enterprise.

Menurut dia, pertumbuhan kredit UMKM bank tersebut sekitar 80 persen pada tahun ini.

"Tahun lalu kredit UMKM kita hanya Rp 600 miliyar, tahun ini kita berharap tumbuh 100 persen, tetapi secara riil mungkin dalam bisnis plannya akan bisa tumbuh 60-80 persen," ujarnya.

Ia menambahkan, Muamalat juga menjalin kerjasama dengan berbagai wira usaha di provinsi Riau untuk meningkatkan penyaluran kredit UMKM. Salah satunya, adalah kerjasama dengan Ikatan Pengusaha Wanita Indonesia (IWAPI) Provinsi Riau, dengan melakukan nota kesepahaman (MoU) untuk menjadi bank penyalur kredit bagi UMKM yang tergabung di dalamnya.

"Kami berharap dengan adanya kerjasama ini pertumbuhan ekonomi dan wira usaha di Riau bisa bisa tumbuh, untuk itu berapapun yang mereka butuhkan kami akan sanggupi," katanya.