Maskapai Citilink akan segera Mandiri

id maskapai citilink, akan segera mandiri

Pekanbaru - Senior General Manager Garuda Indonesia Area Indonesia Barat, Suranto, mengatakan maskapai Citilink akan segera beroperasi secara mandiri pada pertengahan tahun ini.

"Kami akan menjadikan Citilink sebagai penerbangan bertarif rendah yang akan beroperasi secara mandiri pada pertengahan tahun 2012 ini," kata Suranto saat pembukaan "Garuda Indonesia Travel Fair di Pekanbaru, Jumat.

Citilink merupakan anak perusahaan dari PT Garuda Indonesia. Untuk menunjang kemandirian Citilink, lanjutnya, pihak manajemen akan menambah armada pesawat Airbus 320.

Menurut dia, Citilink akan mendapatkan 10 unit pesawat A320 pada tahun ini. Hal itu termasuk dalam rencana penambahan pesawat manajemen Garuda pada tahun ini yang akan menerima sebanyak 21 pesawat, diantaranya empat unit Boeing 737-800NG, dua unit A330-200, dan lima unit Sub-100 seater.

"Berkaitan dengan hal ini, pada sore hari nanti kami akan melaksanakan peresmian penggunaan pesawat A330-200 yang baru tiba dari pabriknya di Toulouse dan Boeing 737-800NG yang juga baru tiba dari pabriknya di Seattle, serta memperkenalkan pesawat A320 Citilink dengan 'new livery' yang menandai era baru Citilink," ujarnya.

Menurut analisis CAPA (Centre for Asia Pacific Aviation), pada 2015 mendatang, pangsa pasar Citilink akan menjadi sebesar 20 persen. Pada tahun 2011 jumlah penumpang Citilink sebesar 1,6 juta orang.

Angka ini mengalami peningkatan sebesar 42 persen dibanding jumlah penumpang pada tahun sebelumnya. Namun, jumlah tersebut masih hanya sebesar tiga persen dari jumlah penumpang pesawat bertarif rendah (low cost carrier).

Prediksi peningkatan tersebut antara lain ditandai dengan pertumbuhan armada Citilink, dari sembilan menjadi 50 pesawat selama empat tahun ke depan.