Citilink Ramaikan Persaingan Maskapai Pekanbaru-Batam

id citilink ramaikan, persaingan maskapai pekanbaru-batam

Citilink Ramaikan Persaingan Maskapai Pekanbaru-Batam

Pekanbaru, (antarariau.com) - Maskapai penerbangan berbiaya murah dan sebagai anak perusahaan yang dibesarkan Garuda Indonesia, Citilink ikut meramaikan persaingan pada rute yang telah menjadi primadona baru di Riau yakni Pekanbaru-Batam.

"Citilink beroperasi mulai tanggal 8 Maret, sedangkan terbang perdananya tiga hari kemudian dengan rute Batam-Pekanbaru-Batam setiap hari pulang pergi," ujar Airport Duty Manager Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Ibnu Hasan, di Pekanbaru, Rabu.

Sebelumnya rute Pekanbaru-Batam telah dilayani oleh tiga maskapai yakni Wings Air menggunakan pesawat jenis ATR 72-500 berkapasitas 70 penumpang sebanyak lima kali sehari pulang pergi.

Kemudian ada nama maskapai Sriwijaya Air dan Sky Aviation dengan menggunakan armada pesawat jenis Boeing 737 seri 300 berkapasitas sekitar 148 penumpang masing-masing satu kali sehari pulang pergi.

Citilink, kata Ibnu, tercatat sebagai maskapai keempat yang hadir menggunakan pesawat Airbus 320 yang memiliki kapasitas penumpang sebanyak 180 tempat duduk.

Dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam pukul 13.40 Wib dan dari Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru jam 15.20 Wib setiap hari dengan harga tiket dimulai dari Rp295.000 per orang.

"Pasar kami siapa saja, karena dulunya Riau dan Kepulauan Riau adalah satu kesatuan. Biasanya kalau orang ke Batam selain untuk tujuan bisnis, juga berwisata dan jalan-jalan ke luar negeri yakni Singapura," ucapnya.

Citilink berdiri tahun 2001 sebagai unit bisnis strategis dan sejak pertengahan tahun lalu secara resmi beroperasi sebagai entitas bisnis yang terpisah dari Garuda Indonesia setelah mendapatkan Air Operator Certificate (AOC).

Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru sebelumnya sudah melayani lima rute domestik yakni Pekanbaru-Jakarta, Pekanbaru-Medan, Pekanbaru-Batam, Pekanbaru-Pangkal Pinang dan Pekanbaru-Bandung.

Untuk rute internasional yakni Pekanbaru-Malaka, Pekanbaru-Kuala Lumpur, Pekanbaru-Johor dan Pekanbaru-Singapura. ***3***