Laporan awal dana kampanye Pilkada Siak, Paslon Alfedri-Husni 10 kali lipat dibanding yang lain

id Pilkada siak, siak

Laporan awal dana kampanye Pilkada Siak, Paslon Alfedri-Husni 10 kali lipat dibanding yang lain

Tiga Paslon Pilkada Siak.(ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak (ANTARA) - Tiga pasangan calon untuk Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Siak sudah melaporkan dana awal kampanye kepada Komisi Pemilihan Umum setempat dan terlihat Paslon Alfedri-Husni Merza jumlahnya 10 kali lipat dari yang lainnya.

"Calon sudah bisa menerima sumbangan dana kampanye, tapi bukan dari luar negeri dan anggaran pendapatan belanja negara maupun daerah atau dari badan usaha milik negara maupun daerah," kata Ketua KPU Siak, Ahmad Rizal, Senin.

Dalam pengumuman KPU Siak Paslon nomor urut 2 Alfedri-Husni melaporkan dana sebanyak Rp100 juta. Sedangkan dua pasangan lainnya Said Arif Fadhillah-Sujarwo sebanyak Rp10 juta dan Sayed Abubakar A Assegaf-Reni Nurita sebanyak Rp11 juta.

Laporan tersebut juga menampilkan bahwa sumber dana awal tersebut merupakan sumbangan masing-masing paslon. Di sana juga terlihat bahwa ketiganya memiliki pengeluaran Rp40 ribu sebagai administrasi bank sehingga saldo semuanya berkurang sejumlah itu.

Ahmad Rizal mengatakan untuk kampanye Pilkada Siak yang sudah berjalan ini, paling banyak satu paslon adalah Rp22 miliar. Lebih dari itu lanjut dia tidak boleh digunakan.

Dana kampanye menurutnya berasal dari calon yang jumlahnya tidak dibatasi berapapun bisa menyumbang. Tapi untuk sumbangan dari badan maupun perorangan itu dibatasi.

"Kalau dari perusahaan Rp750 juta satu perusahaan, badan atau yayasan. Kalau orang per orang paling tinggi Rp75 juta, dari awal kampanye sampai akhir wajib dilaporkan," ujar dia.

Pilkada Siak diikuti oleh tiga paslon pada 9 Desember nanti. Nomor urut 1 Sayed Abubakar A Assegaf-Reni Nurita, nomor urut 2 Alfedri-Husni Merza, dan nomor urut 3 Said Arif Fadhillah-Sujarwo.
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar