Terdapat 65,33 hektare lahan Pekanbaru alami Kahutla hingga Juli

id karhutla pekanbaru, karhutla, pekanbaru

Terdapat 65,33 hektare lahan Pekanbaru alami Kahutla hingga Juli

Petugas BPBD Kota Pekanbaru melakukan pendinginan di lahan yang terbakar ketika terjadi kebakaran lahan di Pekanbaru, Riau, Rabu (8/7/2020). (ANTARA/Rony Muharrman)

Pekanbaru (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Pekanbaru mencatat seluas 65,33 hektare lahan di Ibu Kota Provinsi Riau ini alami Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) sejak awal Januari hingga Juli 2020.

"Karhutla seluas 65,33 hektare ini tersebar di beberapa kecamatan yang memiliki lahan tidur seperti Rumbai dan Payung Sekaki," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalaksa BPBD) Pekanbaru Zarman Candra di Pekanbaru, Rabu.

Luas karhutla tersebut terjadi pada 59 titik kebakaran di kecamatan Pekanbaru terhitung sejak Januari hingga Juli 2020. Dari total luasan 65,33 hektare lahan yang terbakar itu seluas 51,6 hektare berlokasi di Kecamatan Rumbai.

"Memang jika dibandingkan tahun lalu jumlah tahun ini terbilang menurun walau diyakini masih memasuki bulan Juli, sebab masih tersisa musim kemarau hingga Desember.

"Tahun lalu kemaraunya lebih panjang kasus juga lebih banyak terdapat 279 kali kebakaran," katanya.

Baca juga: Pekanbaru tangani 53 kebakaran lahan hingga Juni 2020

Makanya, kata dia, guna meminimalisir kebakaran lahan ini peran serta warga turut membantu agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

"Pekanbaru punya tim yang melakukan pemantauan titik-titik rawan karhutla," katanya.

Warga juga diminta melapor jika ada kebakaran lahan atau pun bencana lain seperti banjir, bisa menghubungi call centre siaga di nomor 08117651464 jika membutuhkan bantuan dari BPBD Kota Pekanbaru.

Jika nomor call centertersebut tidak dapat dihubungi, masyarakat diarahkan untuk menelepon tim tanggap darurat Kota Pekanbaru di nomor 112. Ia menjelaskan, tim BPBD Kota Pekanbaru akan merespon keluhan masyarakat dalam waktu sekitar 35 menit.

"Sebenarnya laporan BMKG sekarang ini musim kemarau panjang kami imbau masyarakat yang daerahnya rawan bencana seperti banjir atau kebakaran hubungi call centerBPBD," tukasnya.

Baca juga: Sebanyak 61 kebakaran terjadi di Pekanbaru enam di antaranya Karhutla

Baca juga: Kapolri apresiasi penerapan teknologi informasi cegah Karhutla di Riau


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar