Google telah hapus puluhan aplikasi di Play Store karena mencuri informasi

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, google

Google telah hapus puluhan aplikasi di Play Store karena mencuri informasi

Ilustrasi Google (REUTERS)

Jakarta (ANTARA) - Google menghapus 25 aplikasi dari Play Store karena mencuri informasi, termasuk kata kunci dari akun Facebook penggunanya.

Dikutip dari laman ZDnet, perusahaan keamanan siber asal Prancis, Evina, menemukan aplikasi tersebut menyamar sebagai penghitung langkah, penyuntingan gambar, penyuntingan video, aplikasi wallpaper, game dan file manager (pengaturan berkas).

Baca juga: Google otomatis akan hapus data setelah 18 bulan

Temuan Evina, aplikasi tersebut mengandung kode berbahaya yang bisa mendeteksi aplikasi apa yang baru dibuka dan yang ada di foreground ponsel.

Jika aplikasi yang baru dibuka adalah Facebook, aplikasi berbahaya itu akan menampilan "window" di depan aplikasi resmi Facebook dan membuat laman login palsu.

Begitu pengguna memasukkan sandi ke laman Facebook phishing tersebut, aplikasi akan menyimpan data dan mengirim ke server yang berada di domain airshop.pw, yang sekarang sudah tidak berfungsi.

Aplikasi-aplikasi berbahaya itu dikembangkan oleh kelompok yang sama meski pun menawarkan fungsi yang berbeda.

Evina melaporkan temuan itu ke Google pada akhir Mei lalu. Setelah memverifikasi temuan Evina, Google menghapus 25 aplikasi tersebut dari Play Store.

Beberapa aplikasi tersebut sudah masuk Google Play Store lebih dari setahun.

Aplikasi yang dihapus tersebut antara lain bernama Super Wallpapers Flashlight, iPlayer & iWallpaper, Pedometer, Super Bright Flashlight, Junk file cleaning, Padenatef dan Accurate Scanning of QR Code.

Baca juga: Menkominfo tekankan pentingnya keamanan dan kedaulatan data kepada Google Cloud Indonesia

Baca juga: Google Maps bakal bisa terkoneksi dengan banyak transportasi publik


Pewarta : Natisha Andarningtyas