KPU Rohil : Media penting untuk sosialisasi Pilkada

id Pilkada,pilkada rohil 2020, pilkada 2020, pilkada riau, kpu rohil

KPU Rohil : Media penting untuk sosialisasi Pilkada

KPU Rokan Hilir saat menggelar sosialisasi tahapan, program dan jadwal pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hilir di aula Media Center KPU setempat, Senin (22/6/2020). (ANTARA/Dedi Dahmudi)

Bagansiapiapi (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, melaksanakan sosialisasi tahapan, program dan jadwal pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati lanjutan tahun 2020, yang dilaksanakan di aula Media Center KPU setempat, Senin (22/6).

Kegiatan sosialisasi yang diikuti dari berbagai media yang bertugas di Bagansiapiapi itu dihadiri Ketua KPU Rokan Hilir Supriyanto, Komisioner KPU Hendra, Eka Murlan, Hasbullah Rambe, dan Tua Panggabean Nasution.

"Kegiatan ini dalam rangka mensosialisasikan kepada masyaraka, karena pesertanya itu dari teman-teman media ini sangat baik bagi kita untuk penyebarluasan informasi tentang tahapan yang berkaitan dengan edukasi kepada masyarakat," ujar Ketua KPU Rokan Hilir Supriyanto.

Pihaknya berharap kepada rekan-rekan media sebagai lembaga pers tentunya memiliki peran penting dalam pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

Yang pertama adalah sebagai sarana edukasi. Menurutnya untuk melakukan pendidikan pemilih sangat baik digunakan saluran media massa ini dalam hal pendidikan pemilih kepada masyarakat.

Kemudian yang kedua adalah media massa ini dapat mengawal proses demokrasi ini dengan baik.

"Karena harapan kita adalah pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hilir tahun 2020 ini berjalan dengan baik dan terlaksana secara berkualitas," kata Supriyanto.

Baca juga: Maju di Pilkada Rohil, Afrizal berharap diusung Golkar

Komisioner KPU Rohil Hendra (Divisi Data dan Perencanaan)menjelaskan tahapan penyelenggaraan. Untuk pendaftaran pasangan calon dimulai pada 4-6 September 2020, verifikasi persyaratan pencalonan pada 4-22 September.

Kemudian penetapan pasangan calon pada Rabu 23 September 2020, pengundian nomor urut pada Kamis 24 September, kampanye pada 26 September sampai dengan 5 Desember, dan pemungutan suara pada Rabu 9 Desember 2020.

Selanjutnya rekapitulasi tingkat kecamatan dilaksanakan pada 10-14 Desember, dan tingkat kabupaten pada 13-17 Desember 2020.

Baca juga: Gandeng Fuad Ahmad, Asri Auzar nyatakan keseriusan maju Pilkada Rohil