Sidak ke PDAM Duri, Komisi III DPRD Bengkalis minta sambungan baru dihentikan

id DPRD Bengkalis,pdam bengkalis, pdam, bengkalis

Sidak ke PDAM Duri, Komisi III DPRD Bengkalis minta sambungan baru dihentikan

Komisi III DPRD Bengkalis saat melakukan sidak ke PDAM Cabang Duri. (ANTARA/HO-DPRD)

Bengkalis (ANTARA) - Komisi III DPRD Bengkalis sidak ke PDAM cabang Duri, Kamis (18/6) menyikapi keluhan masyarakat terkait layanan PDAM Duri tersebut. Sidak dipimpin H. Adri itu diikuti Wakil Ketua Simon Lumban Gaol dan dan anggota Hendri dan Surya Budiman.

“Kedatangan kami ingin mempertanyakan apa kendala yang dihadapi. Harapan kita, tentu PDAM dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat sehingga keluhan yang terjadi tak terulang kembali,” jelas H Adri.

Senada Simon Lumban Gaol juga menyampaikan keluhan masyarakat karena kekurangan air perlu penjelasan. Kemana saja airnya disalurkan, apakah ada untuk pengusaha dan bagaimana sistem distribusi dan lainnya.

“Makanya kita minta data detail penyaluran air tersebut,” tegasnya.

Menanggapi hal ini, Direktur PDAM Duri Darwin Ginting, menjelaskan ada beberapa kendala yang terjadi terhadap pelayanan PDAM. Ketersediaan air baku dan adanya pelanggan yang jumper dan belum selesainya program Durolis.

“Kalau tidak ada bantuan penambahan air baku dari PT Chevron untuk sementara PDAM jangan menerima pelanggan baru karena ini akan menimbulkan beban bagi PDAMsendiri,” tambah anggota Surya Budiman.

Selain itu, kata Hendri, dalam situasi seperti ini program Durolis belum bisa terlaksana dikarenakan situasi pandemiCOVID-19,

“Harapan kita setelah situasi ini berlalu PDAM dapat memberikan pelayanan terbaik buat masyarakat Mandau,”ujar Hendri.

Arahan yang disampaikan Ketua Komisi III H. Adri pada sidak tersebut agar operasional PDAM ke depan lebih baik, yaitu PDAM diminta untuk melayani seluruh pelanggan dengan baik dan adil dengan melakukan penyaluran air bersih secara bergilir.

Dengan masih bermasalahnya sumber air baku maka penyambungan baru harus dihentikan sementara waktu. Karena kalau penyambungan baru terus dilakukan sementara sumber air baku tidak bertambah (malahan menurun) akan berakibat pelayanan kepada pelanggan aktif terganggu atau bahkan sampai terputus untuk jangka waktu yang cukup lama.

Di sisi lain, komisi III juga akan berkoordinasi dengan Dinas PUPR untuk menggesa pengerjaan proyek jaringan distribusi Pipa 6 untuk ke arah Jalan Babussalam sampai Jalan Jawa. Hal ini dimaksudkan supaya air bisa langsung diarahkan dari pusat penyaluran ke arah distribusi.

Baca juga: Dinilai berkinerja bagus, jabatan Jufrizal Dirut PDAM Tirta Terubuk Bengkalis diperpanjang

Baca juga: PDAM Bengkalis bangun JDU program NUWSP senilai Rp12 miliar