Bupati Siak harapkan Baznas bantu masyarakat terdampak COVID-19 yang tak punya NIK

id baznas siak, baznas, siak, bupati siak

Bupati Siak harapkan Baznas bantu masyarakat terdampak COVID-19 yang tak punya NIK

Bupati Siak menerima laporan BAZNAS.(ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Bupati Siak Alfedri mengarahkan pihak Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) setempat agar dapat memperhatikan masyarakat yang belum punya Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang juga terdampak COVID-19, khususnya yang muslim.

"Untuk ke depannya, mulai saat ini diharapkan kepada pihak Baznas untuk memperhatikan dan membantu saudara-saudara kita yang tidak mempunyai NIK yang tidak ada dalam data Dinsos. InsyaAllah dalam waktu dekat data warga kita yang tidak punya Nik tersebut rampung," ujar Alfedri.

Demikian hal ini disampaikannya saat melangsungkan pertemuan bersama Komisioner Baznas Siak di Zamrood room komplek perumahan Bupati Siak Selasa (09/06). Pada kesempatan tersebut Bupati Siak juga memberikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada pihak Baznas yang telah bersinergi dengan pemerintah daerah.

"Terutama dalam menanggulangi masyarakat yang terdampak positif COVID-19 yang dilakukan sejak Februari hingga akhir Mei 2020.

Seperti telah kita ketahui Baznas Siak telah kucurkan Dana untuk membantu masyarakat yang terdampak senilai Rp3,4 Miliar lebih," kata bupati.

Baca juga: Ribuan masker dan sarung tangan akan disalurkan ke pedagang takjil di Siak

Ini katanya merupakan hal yang luar biasa untuk membantu dan merindukan beban pemerintah dalam penanganan masyarakat yang terdampak.

Disampaikan Alfedri, sampai saat ini perhatian pemerintah sudah cukup baik itu bantuan pemerintah pusat maupun daerah.

"Hal ini berkat sesungguhnya kita dalam memberikan perhatian kita kepada masyarakat. Warga kita yang terdampak ada 52 ribu kepala keluarga. Hal ini dapat kita layani secara bersama sama baik itu bantuan dari pusat dan daerah, Disamping itu ada juga sinergi pihak Baznas dan swasta," sebutnya.

Baca juga: Bupati letakkan batu pertama pembanguan Pondok Tahfidz Baznas

Sementara itu ketua Baznas Kabupaten Siak Abdul Rasyid Suharto menyampaikan bahwa pihaknya telah mengucurkan dana untuk penangan COVID-19. Mulai bulan Februari hingga Mei 2020 sudah mencapai Rp3,4 miliar lebih.

Hal ini dilakukan dengan memberikan bantuan berupa Alat Pelindung Diri untuk tenaga Media. Kemudian memberikan bantuan Lima bahan pokok untuk masyarakat yang terdampak COVID-19 yang tersebar di 14 kecamatan.

"Baznas Siak telah meluncurkan bantuan Limbako kepada masyarakat Kabupaten Siak mencapai 9000 KK lebih. Dan untuk ke depan nya kita akan melakukannya lagi sesuai dari arahan Pak Bupati," tuturnya.(adv)

Baca juga: Baznas Bengkalis salurkan paket sembako dari Provinsi Riau