Ribuan masker dan sarung tangan akan disalurkan ke pedagang takjil di Siak

id baznas siak, zakat siak, berita siak, adv siak

Ribuan masker dan sarung tangan akan disalurkan ke pedagang takjil di Siak

Bupati Siak Alfedri menerima bantuan dari BAZNAS untuk disalurkan. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak, Riau (ANTARA) - Bupati Siak, Alfedri menerima bantuan masker dan sarung tangan serta Alat Pelindung Diri dari Badan Amil Zakat Nasional Siak di Posko Gugus Tugas Penanganan COVID-19 setempat yang kemudian akan disalurkan kepada yang membutuhkan.

Alfedri yang juga duta zakat Kabupaten Siak mengaku sangat bangga dengan kegiatan Baznas yang peduli. Bantuan itu sendiri terdiri dari5.000 masker, 2.000 lembar sarung tangan,300 lembar baju hazmat, dan 20 dus susu sebagai vitamin untuk tenaga medis yang merawat pasien COVID-19.

"Masker dan sarung tangan nanti akan dibagikan kepada pedagang takjil di Kota Siak. Mereka yang berjualan ataupun yang membeli wajib mengenakan masker," kata Alfedri.

Sedangkan 300 lembar baju pelindung diri hazmat itu juga akan diberikan 20 lembarnya ke petugas keamanan di Polres Siak. Lalu 100 lembar ke RSUD Tengku Rafian Siak.

Selanjutnya, 180 lembar sisanya diberikan ke Dinas Kesehatan Siak untuk didistribusikan ke pusat kesehatan masyarakat. "Makanya tadi kita serahterimakan ke Kadis Kesehatan, dr Tony," ujarnya.

Alfedri lebih lanjut mengapresiasi Baznas yang biasa menyalurkan zakat untuk kepentingan umat, fakir miskin dan dhuafa, kini ikut peduli dengan penanganan bencana non alam COVID-19. Ini katanya menandakan bahwa penanganan wabah virus corona ini juga kepentingan umat.

"Dengan bantuan ini, Baznas menunjukkan kepeduliannya dengan umat untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona," tambah Alfedri lagi.

Bupati Siak ini juga mengajak para muzaki di Kabupaten Siak untuk menzakatkan hartanya kepada lembaga yang tepat, seperti Baznas Kabupaten Siak sehingga penyaluran zakatnya nanti juga tepat sasaran.

"Kami mengajak muzaki untuk membayarkan zakat hartanya, sebab zakat merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Sehat dan sakit itu datangnya dari Allah SWT, semoga kita semua selalu dalam lindungan-Nya," tutur Alfedri.

Baca juga: Pemkab Siak siapkan lahan pemakaman 3,2 hektare untuk pasien COVID-19

Baca juga: Satu-satunya pasien positif COVID-19 di Siak dinyatakan sembuh