Melalui bupati, Baznas Siak salurkan bantuan bagi kaum dhuafa terdampak COVID-19

id bupati siak,corona di siak,baznas siak,berita riau antara,berita riau terbaru

Melalui bupati, Baznas Siak salurkan bantuan bagi kaum dhuafa terdampak COVID-19

Bupati Siak, Alfedri ketika menerima bantuan BAZNAS yang akan disalurkan kepada mustahik terdampak COVID-19.(ANTARA/HO-Pemkab Siak)

SIAK, (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Siak menyalurkan bantuan lima bahan pokok kepada kaum mustahik kaum dhuafa keluarga kurang mampu terutama yang terdampak musibah non alam Virus Corona melalui Bupati Alfedri.

Nantinya bantuan ini akan diberikan bupati melalui camat dan unit pengumpul zakat kecamatan. Bantuan yang disalurkan tersebut adalah untuk sebanyak 4700 terdiri dari 3098 Mustahik Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan Mustahik UPZ 1402 orang.

“Hari ini, kita mendistribusikan bantuan Limbako untuk membantu beban masyarakat miskin yang terkena dampak Covid-19. Satu paket limbako terdiri dari beras, gula, minyak goreng, mie sagu, dan telur," kata Bupati Siak, Alfedri ketika menerima di kantornya, Senin.

Selain itu, kata bupati juga ada bantuan susu UHT sebanyak 20 dus. Kemudian juga membantu dari segi aspek tenaga medis yaitu pelindung wajah 100 untuk Rumah Sakit Tengku Rafian Siak dan Pusat Kesehatan Masyarakat.

"Juga ada Alat Pelindung Diri (APD) berupa baju sebanyak 300 buah dan masker kain sebanyak 4857 potong yang akan dibagikan ke petugas medis dan masyarakat," ujarnya.

Ketua Baznas Siak, Abdul Rasyid di dampingi anggota komisioner Sulaiman SAg dan Rozikin menyampaikan kegiatan pembagian limbako menindaklanjuti seruan Bupati Siak. Hal tersebut terkait membantu kebutuhan harian orang dalam pemantauan (ODP) di Siak.

Pasalnya ODP di Siak sudah mencapai 1.600 lebih di mana banyak yang merupakan masyarakat kurang mampu. Selain itu warga yang terdampak COVID-19 juga ada sehingga bupati meminta semua pihak untuk saling membantu.

Baznas kata Abdul Rasyid akan memulai pendistribusian dari Kecamatan Minas dan Kandis dan lainnya. Bantuan sebelumnya juga diserahkan ke Posko Penanganan COVID-19 Siak.(adv)

Baca juga: Warga Siak meninggal dengan rapid tes positif, keluarga dan pelayat diisolasi

Baca juga: LAMR Siak Kecil salurkan 495 paket sembako ke masyarakat

Baca juga: BRI Siak bantu 9 wastafel portabel, Bupati minta tempatkan di masjid-masjid