Distanbunhut Terjunkan Regu Pemadam Kebakaran Lahan

id distanbunhut terjunkan, regu pemadam, kebakaran lahan

Dumai, 4/7 (ANTARA) - Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kota Dumai, Provinsi Riau, dikabarkan tengah menerjunkan regu pemadam guna meminimalisasi kebakaran lahan yang melanda sejumlah wilayah di sana.

Kepala Bidang Kehutanan Dinas Pertanian , Perkebunan dan Kehutanan (Distanbunhut) Dumai Hadiono kepada ANTARA di Dumai, Senin, mengatakan, penerjunan regu pemadam dibagi menjadi tiga kelompok.

"Kelompok pertama diarahkan ke lahan terbakar yang berposisi di Kelurahan Basilam Baru, Kecamatan Sungai Sembilan, tepatnya di lokasi lahan yang dikelola PT Suntara Gajahpati. Sampai saat ini api masih terus meluas," katanya.

Selain itu, kata dia, petugas pemadam juga diturunkan ke lahan terbakar yang berada di Kelurahan Bukit Timah, Kecamatan Dumai Barat, tepatnya di wilyah perbatasan Kota Dumai-Kabupaten Rokan Hilir.

Selanjutnya di lahan terbakar yang berada Kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai.

"Sejauh ini belum diketahui berapa luasan lahan yang terbakar di tiga titik api tersebut," katanya.

Hadiono menjelaskan, dalam upaya minimalisir kobaran api, petugas mengalami sejumlah kendala, seperti medan yang sulit di tempuh dan minimnya ketersediaan air.

"Dalam penyelamatan, regu pemadam yang dibantu masyarakat peduli api yang berada di masing-masing kelurahan sampai saat ini terus berupaya, namun kencangnya tiupan angin dan cuaca terik juga membuat petugas dan masyarakat harus bekerja ekstra," ujarnya.

Target penerjunan Regdam kata Hadiono, hanya bagaimana agar api tidak meluas. Jika untuk memadamkan secara total, sambungnya, hal tersebut tidak memungkinkan mengingat rata-rata kawasan lahan terbakar merupakan lahan gambut yang menahan kekeringan hingga kedalaman lima meter.

"Sambil menunggu turunnya hujan, saat ini sejumlah alat-alat seperti mesin penyemprot air dan mobil tanki sudah dikirim kesejumlah lokasi lahan terbakar untuk terus meminimalisir kobaran api," kata Hadiono.

Dalam upaya minimalisir kebakaran lahan, Distanbunhut juga berkoordinasi dengan instansi terkait meliputi Satuan Polisi Pamong Praja, Polisi Kehutanan, Kepolisian Sektor, dan sejumlah tim pemadam kebakaran dari perusahaan.