Dumai Siagakan Regu Pemadam Antisipasi Kebakaran Lahan

id dumai siagakan, regu pemadam, antisipasi kebakaran lahan

Dumai, 20/7 (ANTARA) - Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kota Dumai, Provinsi Riau, saat ini menyiagakan regu pemadam di beberapa wilayah rawan untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan penyulut munculnya kabut asap di sana.

Kepala Bidang Kehutanan pada Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan (Distanbunhut) Dumai, Hadiono kepada ANTARA di Dumai, Rabu mengatakan, sejauh ini pihaknya memang belum mendeteksi adanya titik kebakaran di Dumai.

Kendati demikian kata dia, Distanbunhut berantisipasi dengan menyiagakan tim atau regu pemadam kebakaran di tiap kecamatan dan kelurahan terutama wilayah yang rawan kebakaran hutan dan lahan, yakni Kecamatan Medang Kampai serta Sungai Sembilan.

"Para regu pemadam ini juga diminta untuk aktif terus melakukan pantauan bersama dengan masyarakat peduli api yang ada di masing-masing wilayah," kata Hadiono.

Begitu ditemukan adanya titik kebakaran lahan atau hutan, kata dia, regu pemadam dan masyarakat peduli api diminta melakukan antisipasi dini.

"Namun jika api begitu luas, kita minta mereka untuk mengkoordinasikan segera ke pihak dinas untuk penyiapan segala peralatan atau perlengkapan pemadaman api," ujar Hadiono.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Riau di Pekanbaru sebelumnya menyatakan di wilayah Riau saat ini terdapat sedikitnya delapan titik api atau "hotspot".

Delapan titik api tersebut tersebar di empat kabupaten meliputi Kabupaten Bengkalis satu, Kampar dua, Rokan Hilir dua dan Kabupaten Rokan Hulu sebanyak tiga titik api.

Asap yang diduga hasil dari kebakaran hutan dan lahan di empat kabupaten tersebut juga telah mencemari udara di Kota Dumai. Kemunculan kabut asap ini terpantau sejak Selasa (19/7) malam hingga Rabu (20/7) pagi. ***4***