Polres Dumai siagakan 75 personelaAmankan Nataru 2020. Ini strateginya

id Ops Lilin Dumai, Polres Dumai,Nataru Dumai,operasi lilin muara takus,nataru dumai

Polres Dumai siagakan 75 personelaAmankan Nataru 2020. Ini strateginya

Upacara gelar pasukan di Polres Dumai, Kamis (19/12). (ANTARA/Abdul Razak)

Dumai (ANTARA) - Kepolisian ResorDumai siagakan 75 personel dibantu 40 petugas gabungan dalam Operasi Lilin Muara Takus 2019 untuk peningkatan pelayanan dan pengamanan Natal dan malam pergantian tahun.

Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta diwakili Wakapolres Kompol Alex Siregar menyatakan, polisi dan petugas gabungan berbagai instansi di Dumai siap melayani dan memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dalam perayaan Natal dan Tahun Baru 1 Masehi 2020.

"Personel polisi dan gabungan akan tersebar di empat posko pelayanan dan pengamanan yang dibentuk untuk mengawal kelancaran dan kenyamanan masyarakat dalam merayakan Natal Tahun Baru," kata Kompol Alex saat memimpin Upacara Gelar Pasukan Operasi Lilin Muara Takus 2019 di Mapolres Dumai, Kamis.

Empat posko dibentuk di sejumlah titik keramaian dan lokasi terminal pelabuhan penumpang laut dan terminal bus untuk memastikan aktivitas masyarakat tertib dan lancar tidak terkendala gangguan keamanan.

Selain pelaksanaan posko pelayanan dan pengamanan, Polres Dumai juga siap menurunkan 2/3 personel untuk mengawal dan menjaga rumah ibadah agar warga beribadah merasa aman dan nyaman serta antisipasi gangguan.

Operasi Lilin Muara Takus 2019 bertema 'Kita tingkatkan sinergi Polri dan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020' ini sebagai momen untuk meninjau kesiapsiagaan personel, pengecekan sarana prasarana pengamanan yang digelar serentak selama 10 hari, dimulai 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020.

"Kegiatan operasi Polri ini fokus pada pengamanan meliputi rumah ibadah gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, objek perayaan tahun baru, terminal dan pelabuhan,” sebut Alex.

Personel terlibat pos pengamanan dan pelayanan diminta mengutamakan tindakan preemtif dan preventif dengan didukung kegiatan intelijen, berupa deteksi dini dan deteksi aksi, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

Disamping itu, personel TNI Polri dan beberapa instansi pemerintah terkait harus paham terhadap tugas dan tanggung jawab, lakukan deteksi dini dengan memetakan titik kerawanan secara tepat dan optimalkan penggalangan untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.

"Kita mengimbau masyarakat untuk menjaga situasi di tempat tinggal dan lingkungan tetap aman kondusif, serta tidak melakukan perayaan pergantian malam tahun baru secara berlebihan yang tidak bermanfaat," demikian Wakapolres Dumai Kompol Alex Siregar.

Usai pelaksanaan upacara gelar pasukan Operasi Lilin Muara Takus 2019, dilanjutkan pemusnahan barang bukti minumankeras dari sejumlah perkara ditangani kepolisian, dihadiri perwakilan Pemkot Dumai, Lanal, Kodim, Bea Cukai, Dinas Perhubungan dan lain sebagainya.

Baca juga: Sebagian Tol Pekanbaru-Dumai dibuka gratis untuk libur Natal dan Tahun Baru, begini penjelasannya

Baca juga: PLN Dumai Siapkan 36 Posko Siaga Sambut Natal Tahun Baru 2020


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar