Dishub Dumai siagakan petugas tegakkan Prokes angkutan penumpang

id Dishub Dumai, COViD-19 Dumai, ubahlaku

Dishub Dumai siagakan petugas tegakkan Prokes angkutan penumpang


Ratusan penumpang kapal dari Batam yang akan pulang kampung mengantre untuk masuk ke dalam bilik antiseptik di terminal kedatangan Pelabuhan Bandar Sri Junjungan Dumai di Dumai, Riau, Minggu (26/4/2020). Dua armada kapal penumpang dari Batam membawa 213 orang warga perantauan tiba di Pelabuhan Dumai dan menjadikan pelabuhan tersebut sebagai tempat transit pulang ke kampungnya seperti ke Sumut, Sumbar serta Jambi untuk terhindar dari penyekatan terbatas di sejumlah daerah. (ANTARA/Aswaddy Hamid)

Dumai (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kota Dumai siagakan sejumlah petugas untuk membantu penegakan protokol kesehatan pencegahan Corona Virus Disease 2019 atau COVID-19 guna mendukung kelancaran angkutan umum dan penumpang.

Kepala Bidang Pengembangan dan Keselamatan Dishub Dumai Okto Permadi menyebutkan, petugas siaga prokes COVID-19 ditempatkan di pintu masuk check point dan terminal Roro Pelabuhan Bandar Sri Junjungan Kelurahan Purnama Kecamatan Dumai Barat.

Petugas Dishub dalam penanganan COVID-19 berperan untuk memastikan kelancaran angkutan umum dan penumpang dengan terus disiplin menerapkan protokol kesehatan, baik supir maupun penumpang.

"Dishub menyatu juga dalam Tim Satgas COVID-19, khusus untuk melancarkan angkutan umum dan penumpang dalam penerapan protokol kesehatan," kata Okto, Rabu.

Selain bersiaga di sejumlah tempat, lanjutnya, petugas Dishub juga ikut membantu pelaksanaan razia protokol kesehatan bersama Tim Satgas COVID-19 di kawasan jalan protokol dan perekonomian masyarakat luas.

Tugas pengawasan prokes COVID-19 masih rutin dilaksanakan Dishub Dumai agar aktivitas transportasi darat terus berjalan di tengah pandemi virus corona ini, dengan menyampaikan imbauan dan penegakan aturan daerah.

"Sejak awal kita dilibatkan dalam tim Satgas COVID-19 dan hingga kini tetap menjalankan peran mendisiplinkan aktivitas angkutan umum dan penumpang terhadap prokes," sebutnya.

Informasi sebelumnya, diawal pandemi COVID-19, seluruh angkutan umum dan penumpang di Dumai wajib masuk Terminal Tipe A (TTA) Dumai dalam upaya pencegahan penularan virus corona khusus di bidang transportasi darat dan ditangani secara bersama.

Dalam pelaksanaan, seluruh kendaraan angkutan penumpang antar provinsi serta penumpangnya akan menjalani pemeriksaan suhu tubuh serta penyemprotan disinfektan.

Penumpang dilakukan pengukuran suhu tubuh dan pendataan bersama dengan Dinas Kesehatan Kota Dumai yang juga akan membawa tenaga medis berikut dengan peralatan.

Baca juga: Realisasi PAD terminal barang Dumai baru tercapai setengah

Baca juga: Terminal Penumpang Pelabuhan Pemkot Dumai Diresmikan, ini layanannya


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar