Terminal Penumpang Pelabuhan Pemkot Dumai Diresmikan, ini layanannya

id PELABUHAN DUMAI,DUMAI

Terminal Penumpang Pelabuhan Pemkot Dumai Diresmikan, ini layanannya

Peresmian Terminal Penumpang Pelabuhan Bandar Sri Junjungan milik Pemkot Dumai di Kelurahan Purnama, Jumat (1/2/2019) (Antaranews/Abdul Razak)

Dumai, (Antaranews Riau) - Pengoperasian Terminal Penumpang Pelabuhan Bandar Sri Junjungan milik Pemkot Dumai di Kelurahan Purnama diresmikan oleh Irjen Kementerian Perhubungan RI Wahyu Satrio Utomo dengan tahap awal melayani rute Dumai-Batam pulang pergi, Jumat.

Peresmian pengoperasian terminal penumpang domestik dikelola Pemkot Dumai ini ditandai dengan penerapan pelayanan berbasis teknologi, penekanan sirene, dihadiri Wali Kota Dumai Zulkifli As, Kepala KSOP Sanggam Marihot, Dandim Letkol Inf Horas Sitinjak dan Kapolres AKBP Restika PN serta sejumlah pejabat daerah lain.

Irjen Kemenhub Wahyu menyebutkan, terminal penumpang laut ini merupakan wujud sinergitas pemerintah pusat dan daerah dalam memberikan pelayanan transportasi massal pada masyarakat umum dan pengguna jasa.

"Setelah diresmikan beroperasi nya terminal domestik ini diharap bisa memperlancar arus penumpang dan memudahkan masyarakat mendapat pelayanan transportasi laut," kata Wahyu di Dumai.

Baca juga: Pelabuhan Dumai Disinggahi 3.769 Pemudik H+3 Lebaran

Dijelaskan, pada sisi laut, terminal penumpang laut ini sudah dilengkapi dua ponton untuk sandar dan tambat, sedangkan di bagian darat Pemkot Dumai sudah menyiapkan berbagai ruangan instansi terkait dan ruang tunggu serta lapangan parkir.

Sedangkan terkait penerapan pelayanan kepelabuhanan berbasis elektronik, Irjen Kemenhub Wahyu menyebutkan bahwa sistem ini akan dijalankan di semua pelabuhan, dengan harapan dapat meningkatkan daya saing dan mendukung kegiatan ekspor.

"Sistem pelayanan berbasis aplikasi digital ini ditarget segera dioperasikan di semua pelabuhan, dan kemenhub sudah melakukan berbagai pelatihan dn sosialisasi serta penandatanganan fakta integritas," sebut Wahyu.

Baca juga: Ini Data Jumlah Orang, Kendaraan Roda 2 dan 4 yang Melewati Pelabuhan Penyeberangan Dumai-Tanjung Kapal

Pelabuhan Dumai sebagai pelaksana sistem Inaport Net ini bisa menjadi percontohan untuk pelabuhan di daerah lain, sesuai dengan komitmen pemerintah memperkuat jati diri sebagai bangsa maritim.

Sementara, Wali Kota Dumai Zulkifli As menyebutkan, kondisi geografis Dumai sebagai salah satu akses gerbang RI dan kota pelabuhan tempat transit antar provinsi, diketahui setiap tahun jumlah penumpang memanfaatkan transportasi laut menunjukkan grafik meningkat.

Sehingga menuntut kesigapan pemerintah menghadirkan pelayanan mengedepankan kenyamanan dan keselamatan, dan sektor pelabuhan laut berperan penting dalam mendukung transprotasi laut, baik untuk angkutan domestik maupun internasional.

"Peresmian terminal penumpang BSJ ini momen tepat untuk terus berbenah, karena sudah dirancang bersama antara pemerintah pusat, provinsi dan daerah, tujuan untuk mendekatkan pelayanan pada masyarakat," kata wali kota.

Pemerintah berharap semoga keberadaan terminal ini dapat memberikan kenyamanan dan keamananpada penumpang yang akan bepergian melalui pelabuhan laut, sekaligus bisa meningkatkan pendapatan asli daerah.

Disamping itu, Pemkot Dumai terus berharap perhatian lebih dari Kementerian Perhubungan RI karena fasilitas sekarang kurang menunjang, baik dari segi keselamatan bagi aktiftas sandar dan keberangkatan penumpang.

Baca juga: Pelabuhan Dumai Rawan Calo