Ini Data Jumlah Orang, Kendaraan Roda 2 dan 4 yang Melewati Pelabuhan Penyeberangan Dumai-Tanjung Kapal

id ini data, jumlah orang, kendaraan roda, 2 dan, 4 yang, melewati pelabuhan, penyeberangan dumai-tanjung kapal

Ini Data Jumlah Orang, Kendaraan Roda 2 dan 4 yang Melewati Pelabuhan Penyeberangan Dumai-Tanjung Kapal

Dumai, (Antarariau.com) - Pelabuhan penyeberangan rute Dumai-Tanjung Kapal, Kabupaten Bengkalis, Riau selama arus mudik Lebaran 2018 dilewati masyarakat hingga mencapai 22.090 orang dan 11.289 kendaraan.

Data Posko Pelabuhan Penyeberangan Roro Dinas Perhubungan Kota Dumai, tercatat puncak jumlah penumpang dan kendaraan berangkat menuju Kecamatan Kepulauan Rupat terjadi pada Sabtu-Minggu (16-17/6) tercatat sebanyak 4.702 orang, 2.127 kendaraan roda dua, dan 315 kendaraan roda empat.

Seorang warga Dumai, Hidayah mengaku berangkat dari pelabuhan Roro Dumai untuk berlibur bersama keluarga ke Kecamatan Kepulauan Rupat itu karena terkenal dengan keindahan wisata pantai.

"Pergi libur lebaran dengan keluarga melihat keindahan wisata pantai di kecamatan rupat," kata Hidayah, Senin.

Pelayanan angkutan lebaran di pelabuhan penyeberangan Roro Dumai sejak 8-17 Juni 2018, telah memberangkatkan 1.816 anak anak dan 10.449 orang dewasa berangkat ke Tanjung Kapal.

Sebaliknya, jumlah penumpang datang dari Tanjung Kapal ke Dumai dilayani kapal Roro penyeberangan selama arus mudik tercatat sebanyak 9.825 orang, terdiri 1.421 anak anak dan 8.404 dewasa.

Sedangkan jumlah kendaraan berangkat dari Dumai menuju Tanjung Kapal dengan kapal penyeberangan Roro mencapai 6.621 unit, terdiri roda dua 5.536, 925 roda empat dan 160 roda enam.

Jumlah kendaraan datang dari Tanjung Kapal ke Dumai lebih sedikit dibanding berangkat menggunakan kapal penyeberangan Roro, yaitu mencapai 4.668 unit, terdiri roda dua 3.905, 620 roda empat dan 143 roda enam.

Terkait arus mudik Idul Fitri 2018, Dinas Perhubungan Kota Dumai bentuk lima posko angkutan, yaitu, satu posko sekretariat, posko angkutan darat di Pelabuhan Roro Dumai-Rupat, posko angkutan laut di Terminal Pelabuhan Penumpang dan Posko angkutan udara di Bandar Pinang Kampai.

Kepala Dinas Perhubungan Dumai, Asnar menegaskan agar pengelola angkutan melayani baik masyarakat dan patuh pada batas atas dan batas bawah tarif agar tidak memberatkan pemudik.

"Untuk mendukung kelancaran arus mudik, kita membuka lima posko angkutan lebaran," kata Asnar. ***1***