Kadis Lingkungan Hidup wakili Bupati Inhu hadiri acara tanggulangi Karhutla

id Selamet wakili Bupati Inhu hadiri acara Karhutla,karhutla, karhutla riau

Kadis Lingkungan Hidup wakili Bupati Inhu hadiri acara tanggulangi Karhutla

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara Pengarahan Presiden Republik Indonesia tentang Upaya Peningkatan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2020 di Istana Negara Jakarta, Kamis (6/2/2020). (FOTO ANTARA/Hanni Sofia)

Selamet wakili Bupati Inhu hadiri acara Karhutla
Rengat (ANTARA) - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Selamet mewakili Bupati Indragiri Hulu menghadiri undangan Pemerintah Pusat dalam acara rapat koordinasi pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang digelar di Istana Negara Jakarta Kamis 6 Pebruari 2020, dan pesertanya dari seluruh Indonesia.

"Saya diminta Bupati untuk mewakili Inhu, kegiatan berjalan lancar," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Indragiri Hulu Selamet di Rengat, Kamis.

Ia mengatakan, seluruh instansi terkait diundang untuk menghadiri acara rapat koordinasi Karhutla tersebut, terutama daerah yang sering terjadi bencana, sejumlah kabupaten di Riau termasuk wilayah yang rawan, Presiden Republik Indonesia (RI) meminta semua pihak bekerja optimal untuk itu.

Indragiri Hulu salah satu kabupaten yang rawan, sering terjadi kebakaran hutan dan lahan walupun lokasinya sedkit, karena itu acara ini dipandang penting untuk diikuti, agar ke depan ada solusi dan strategi terbaik mengatasi dan pencegahannya.

"Kita optimis arahan Presiden RI Joko Widodo bisa direalisasikan," sebut Selamet.

Acara dilaksanakan pada Kamis 6 Pebruari di Istana Negara Jakarta dimulai sejak pukul 09.30 WIB, Presiden RI Joko Widodo berharap semua daerah, instansi terkait memiliki program khusus dalam meminimalisir dan pencegahan terjadinya Karhutla di masa yang akan datang.

Presiden mengatakan, Karhutla karap terjadi setiap tahun terutama pada musim panas, untuk itu penanganannya harus optimal sedini mungkin, evaluasi kegiatan dari tahun ke tahun sebelumnya menjadi acuan dalam hal ini, sehingga tidak terjadi lagi.

"Karhutla harus di cegah, diminimalisir," tegas Presiden RI.

Menurutnya, selama ini sejumlah daerah yang rawan Karhutla telah berbuat banyak, ini sangat di apresiasi, namun perlu lebih ditingkatkan lagi, semua pihak harus peduli dan antisipasi mencintai lingkungan. ***