VIDEO - Rumah pintar pemilu jadi wadah edukasi politik bagi masyarakat

id KPU Pekanbaru,pemilu pekanbaru, rumah pintar pemilu,KPU Kota Pekanbaru

VIDEO -  Rumah pintar pemilu jadi wadah edukasi politik bagi masyarakat

Pembukaan rumah pintar pemilu di KPU Pekanbaru. (ANTARA/Diana Syafni)

Pekanbaru (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru resmi membuka rumah pintar pemilu yang dilengkapi galeri informasi seputar pemilihan umum sebagai salah satu wadah edukasi bagi masyarakat setempat.

"Rumah pintar pemilu merupakan pusat pendidikan dan informasi tentang pemilu kepada masyarakat. Ada galeri yang berisi informasi seputar pemilu, nanti di sini juga akan dibuka ruang diskusi, riset dan kegiatan lainnya yang bisa dimanfaatkan masyarakat," ujar Ketua KPU Pekanbaru Anton Merciyanto di Pekanbaru, Rabu.

Dia mengatakan keberadaan rumah pintar pemilu dapat mendorong pendidikan politik bagi masyarakat serta meningkatkan partisipasi pemilih.

"Banyak yang menjadi bahan evaluasi kami dalam pelaksanaan pemilu di 2019 ini. Meski berjalan lancar, namun masih ada sejumlah catatan, termasuk angka partisisipasi pemilih, sehingga kami harapkan keberadaan rumah pintar pemilu dapat mendorong pendidikan politik masyarakat," ucapnya.



Sementara itu, Komisioner KPU Pekanbaru Zulfajari mengatakan pihakhya akan terus mesosialisasikan keberadaan rumah pintar pemilu kepada masyarakat.

Dikatakannya, KPU berkewajiban menjelaskan sistem demokrasi melalui sosialisasi kepada masyarakat sesuai dengan aturan yang berlaku.

Meskipun efektivitas pelaksanaan rumah pintar pemilu belum bisa diukur namun masyarakat diminta agar memanfaatkan dengan baik pelayanan sosialisasi pemilu ini.

Baca juga: KPU tetapkan 45 calon DPRD Pekanbaru

Baca juga: Polresta Pekanbaru agendakan periksa ahli tentukan pidana dugaan suap KPPS


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar