KPU Pekanbaru Buka Pendaftaran Calon Wali Kota

id kpu pekanbaru, buka pendaftaran, calon wali kota

Pekanbaru, 3/3(ANTARA)- Komisi Pemilihan Umum Pekanbaru membuka pendaftaran calon wali kota mulai 3 hingga 9 Maret 2011.

"Pendaftaran terbuka untuk calon yang diusung partai politik dan perseorangan," kata anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pekanbaru AZ Fachry Yasin di Pekanbaru, Kamis.

Ia mengatakan, calon yang didukung partai politik memerlukan minimal tujuh kursi, dan hingga saat ini pasangan calon yang sudah mendaftar adalah Ir Firdaus MT-Ayat Cahyadi.

Pasangan tersebut diusung empat partai yakni Partai Keadilan Sejahtera, Partai Bulan Bintang, Partai Hati Nurani Rakyat dan Partai Demokrasi Kebangsaan.

"KPU masih menunggu pendaftaran calon wali kota lainnya," katanya.

Ia mengatakan, untuk calon perseorangan, hingga saat ini belum ada yang mendaftar. Dua pasangan calon perseorang yakni Yonesri-Laily Idanuryanti dan dr Trio Suhanto-Iwan Kurniawan Asri masih diwajibkan mengumpulkan berkas dukungan.

"Dua calon perseorangan tersebut masih diwajibkan menambah dukungan, karena pada verifikasi faktual banyak yang tidak sah," katanya.

Menurut ketentuan KPU Pekanbaru, dua pasang calon tersebut diwajibkan mengumpulkan sebanyak 53 ribu dukungan hingga 17 Maret 2011.

Terdapat dua pasangan calon yang kuat dalam Pilkada Pekanbaru, yakni Firdaus-Ayat Cahyadi dan Septina Primawati Rusli yang dikabarkan akan bersanding dengan Wakil Wali Kota Pekanbaru Erizal Muluk.

Pilkada dijadwalkan berlangsung 18 Mei 2011. Pekanbaru merupakan salah satu dari tujuh kabupaten/kota yang menyelenggarakan pilkada pada 2011.