45 kampung di Siak laksanakan pemilihan penghulu serentak

id pilkades siak, Pemkab Siak, berita siak

45 kampung di Siak laksanakan pemilihan penghulu serentak

Bupati Siak, Alfedri ketika meninjau Pilpung di Suak Lanjut.(ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Sebanyak 45 kampung (desa) se-Kabupaten Siakmelakukan pemilihan kepala kampung atau penghulu secara serentak dengan ada sebanyak 178 orang calon yang bertarung merebut suara masyarakatnya.

"Kita sudah lakukan monitoring untuk dua kecamatan di Kabupaten Siak yang mengikuti Pemilihan Penghulu serentak, yaitu, Kecamatan Siak dan Mempura," kataBupati Alfedri, ketika melakukan peninjauandi Kampung Suak Lanjut, Kecamatan Siak, Rabu.

Dari pantauan terlihat ratusan masyarakat mendatangi Tempat Pemungutan Suara untuk memberikan hak suara kepada calon. Untuk calon penghulu di Kampung Suak lanjut ada dua calon.

Jumlah Daftar Pemilih Tetap berjumlah di sana 1415 orang dan terbagi di dua TPS. Ketika peninjauan langsung yang dilakukan oleh Bupati Siak pagi, DPT sudah masuk 45 persen.

Ini kata bupati sesuai harapan dari keseluruhan kampung yang melakukan pencoblosan diharapkan angka partisipasi pemilih mengalami peningkatan hingga 75 persen. Sesuai dengan pengalaman dua tahun lalu partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya lebih tinggi dibandingkan dengan pemilihan legislatif, presiden bahkan kepala daerah sekalipun.

"Barangkali bersamaan dengan kepemimpinan yang ada di kampung masing-masing kampung. Harapan masyarakat sangat tinggi menggunakan hak pilihnya," ujarnya.

Oleh karena itu Alfedri berharap, dalam pemilihan penghulu serentak ini dapat terlaksana dengan aman dan terkendali.

"Kita minta pemilihan serentak ini dalam situasi aman dan kondusif sesuai dengan harapan rakyat untuk membawa masyarakat ke arah yang lebih baik," harap orang nomor satu di kabupaten Siak ini.

Di Kecamatan Siak sendiri ada empat kampung yang melaksanakan yakni Merempan Hulu, Rawang Air Putih, Suak Lanjut, dan Buantan Besar. Pada siang hari seperti terpantau di Desa Rawang Air putih, panitia sudah menghitung suara lima calon dari 658 suara yang memilih.

Baca juga: Bupati Bengkalis minta masyarakat tidak terkotak-kotak saat Pilkades

Baca juga: Wabup Kuansing ajak sukseskan Pilkades serentak. 342 calon siap bertarung