Hasil 5 Pilpung di Siak digugat, dari masalah DPT hingga pembagian zakat

id Pilpung siak, siak, pilkades siak,Pilpung

Hasil 5 Pilpung di Siak digugat, dari masalah DPT hingga pembagian zakat

Pelaksanaan Pilpung di salah satu kampung di Siak 11 November lalu (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Sebanyak lima kampung/desa pada pemilihan penghulu/kepala desa (pilpung) di Kabupaten Siak diwarnai gugatan oleh calon yang kalah dengan keberatan soal daftar pemilih tetap hingga adanya kegiatan pembagian zakat.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Siak, Budhi Yuwono, Kamis, mengatakan lima kampung itu bagian dari 37 yang melaksanakan pilpung. Selain masalah DPT dan pembagian zakat ada juga indikasi politik uang.

"Terakhir ada dari Kampung Teluk Lanus yang menyampaikan keberatannya indikasinya ada politik uang. Ini belum difasilitasi," katanya.

Pilpung lainnya yang juga ada indikasi politik uang yakni Kampung Sri Gemilang, Kecamatan Kotogasib. Namun ini sudah difasilitasi dengan camat agar tidak diselesaikan dengan gugatan di Pengadilan Tata Usaha Negara.

Selanjutnya masalah DPT terjadi di Kampung Pinang Sebatang, Kecamatan Tualang. Keberatannya ada 160 masyarakat yang tidak masuk DPT dan sudah difasilitasi juga penyelesaiannya.

"Tapi ini secara proses DPT itu sudah ditandatangani oleh seluruh calon. Selama dua bulan proses tak ada yang keberatan, tapi kok sekarang baru mengajukan keberatan," ungkapnya.

Begitu juga di Kampung Maredan Barat juga di Kecamatan Tualang yang melaporkan ada 132 warga tak masuk DPT. Itu digugat oleh dua calon yang kalah yang juga sudah menyetujui DPT sebelumnya.

Terakhir gugatan di Kampung Rantau Bertuah, Kecamatan Minas ada dugaan kampanye terselubung oleh salah satu calon yang akhirnya memperoleh suara terbanyak. Pasalnya di masa tenang ada pembagian zakat oleh calon tersebut yang juga difasilitasi Badan Amil Zakat setempat.

"Kata Baznas di sana bahwa jadwal itu ditentukan Baznas Siak. Sekarang dua calon sudah menunjuk kuasa untuk memproses keberatannya," tambah Budhi.

Baca juga: Alfedri: Partisipasi Pilpung Siak di atas 80 persen

Baca juga: Wah, Pilpung tiga kampung di Siak diwarnai keberatan calon yang kalah