Pelaksanaan Pilpung di Siak dipantau langsung Kemendagri

id Pilpung, pilkades siak, pilpung siak

Pelaksanaan Pilpung di Siak dipantau langsung Kemendagri

Wabup Siak ketika berkomunikasi dengan Dirjen Bina Desa Kemendagri yang memantau pelaksanaan pilpung.(ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - 37 kampung/desa dari 122 yang ada di Kabupaten Siak, melaksanakan Pemilihan Penghulu/Kepala Desa (Pilpung) tahun 2021 yang langsung dipantau oleh Kementerian Dalam Negeri, melalui Direktorat Jendral Bina Pemerintahan Desa melalui Virtual.

Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Yusharto Huntoyungo, dalam monitoring bergabung bersama Wakil Bupati Siak dan Bupati Halmahera Barat. Dia meminta pelaksanaan Pilkades ini jangan sampai lengah untuk mencegah adanya penyebaran virus COVID-19.

"Pada pelaksanaan Pilkades yang dilaksanakan di Kabupaten Siak dan Kabupaten Halmahera Barat pada hari ini, tetap harus dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat," kata Yusharto, Kamis.

Dengan adanya pelaksanaan Pilkades tersebut, diharapkan akan mendapatkan kades yang amanah, profesional dan mempunyai integritas tinggi. Itu juga dalam rangka melaksanakan dan mewujudkan visi dan misi pemerintah daerah baik di Kabupaten Siak maupun Halmahera Barat.

Wakil Bupati Siak Husni Merza saat meninjau langsung pelaksanaan Pilkades di Kecamatan Tualang, menyampaikan kepada Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri RI, bahwa untuk pelaksanaan Pilkades di Kecamatan Tualang terdiri dari 6 desa/kampung. Total ada 76 tempat pemungutan suara dan 36.802 orang jumlah pemilih.

"Hari ini kami berada di TPS 26, tepatnya di Desa Perawang Barat. Khusus untuk di Desa Perawang Barat ada 26 TPS dengan total pemilih 15.918 orang", kata Husni di kantor Desa Perawang Barat, Kecamatan Tualang.

Masih kata Husni, sampai saat ini, kondisi masih aman terkendali dan juga pemilih bisa melaksanakan hak pilihnya tanpa kendala. Serta selama pelaksanaan Pilkades ini nantinya, akan terus dipantau untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan, untuk mencegah terjadinya penyebaran COVID-19.

Setelah meninjau secara langsung pelaksanaan Pilkades di Kecamatan Tualang, Husni Merza melanjutkan peninjauan pelaksanaan pilkades di Kecamatan Minas, dan juga Kandis.

Pada pelaksanaan Pilkades 37 Desa/Kampung di Kabupaten Siak jumlah pemilih 90.161 orang