Cleorisya, anak SD Siak siap ikuti Olimpiade Internasional di Vietnam

id olimpiade internasional, Cleorisya, Cleorisya Siak

Cleorisya, anak SD Siak siap ikuti Olimpiade Internasional di Vietnam

Cleo ketika menjuarai salah satu Kompetisi Sains Internasional di Indonesia beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-KPM)

Siak, Riau (ANTARA) - Siswi kelas VISekolah Dasar Sains Tahfiz Islamic Center, Kabupaten Siak, Riau, Cleorisya Ranggi Tsabita tengah bersiap untuk mewakili Indonesia pada Internasional Math and Science Olimpic di Vietnam pada 26 November-1 Desember 2019.

"Cleo tergabung dengan Tim Klinik Pendidikan MIPA (KPM) yang jumlahnya 14 orang. Pekan depan karantinanya bersama KPM di Bogor," kata orangtua Cleo, dr. Benny Chairuddin di Siak, Jumat.

Tim KPM merupakan lembaga yang mendapat lisensi mewakili Indonesia untuk olimpiade internasional. Di samping ada juga tim dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sehingga totalnya yang akan mewakili Indonesia nantinya berjumlah 40 anak.

Baca juga: Anak SD Siak peroleh emas Olimpiade Sains Internasional di Bogor

Benny mengatakan anaknya nanti akan mengikuti olimpiade bidang IPA kategori individual contest. Dia pun mengaku bangga karena jarang ada anak di Siak yang bisa menembus olimpiade internasional untuk tingkat sekolah dasar tersebut.

"Kalau anak Riau sudah banyak juga yang mewakili Indonesia di tingkat internasional, tapi jarang yang dari daerah. Biasanya dari Pekanbaru," ujar Benny.

Sebelumnya Cleo juga baru saja memperoleh medali emas pada International Science Competition (ISC) 2019 di Darmawan Park Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, 24-27 Oktober 2019. Pada kompetisi yang diikuti empat negara Asia Tenggara itu Cleo juga memenangkan kategori individual contest.

Sebagai orangtua,Bennymengaku hanya memberikan dorongan dan fasilitas sesuai keinginan anaknya. Hasilnya Cleo sudah juara mulai tingkat kecamatan hingga nasional hingga akhirnya berkesempatan mewakili Indonesia di IMSO 2019 nanti.

Anak dari pasangan Benny Chairuddin dan Khamelia Destri Anggraini menyampaikan bahwa ketekunandan giat dalam belajar merupakan salah satu kunci sukses dalam mengukir prestasi. Seperti hal yang dilakukannya bahkan belajar hingga larut malam.

"Ayo teman-teman, kita bisa bersaing dengan anak-anak dari daerah maupun dari negara lain asal kan kita mau berusaha dan belajar keras serta tetap terus berdoa untuk mendapatkan yang terbaik," ajak Cleorisya.

Tidak hanya di Bidang IPA, sederet prestasi juga diraih Cleo pada tingkat nasional di antaranya lomba piano, juara menggambar, bercerita, vokal, dan bahasa Inggris. Beberapa di antaranya finalis nasional lomba mendongeng Festival Lomba dan Seni Siswa Nasional dan Olimpiade Sains Kuark.

Baca juga: Mantap, 12 siswa Madrasah Riau bertarung di OSN Manado

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar