Anak SD Siak peroleh emas Olimpiade Sains Internasional di Bogor

id olimpiade sains, pelajar siak, berita siak

Anak SD Siak peroleh emas Olimpiade Sains Internasional di Bogor

Cleo usai memperoleh "Gold Award" di ISC Bogor. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Siswi kelas VI Sekolah Dasar Sains Tahfiz Islamic Center, Kabupaten Siak Cleorisya Ranggi Tsabita memperoleh "Gold Award" kategori "Individual Contest" pada International Science Competition (ISC) 2019 yang digelar KlinikPendidikan MIPA (KPM).

"Terimakasih kepada orang tua saya yang selalu mendukung saya dalam berbagai kegiatan," kata Cleo melalui pesan elektronik usai kegiatan yang berlangsung di Darmawan Park Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, 24-27 Oktober 2019.

Ada 163 peserta dari empat negara yang mengikuti kompetisi ISC, di antaranya Vietnam, Filipina, Malaysia, dan Indonesia. Kategori lomba yang dipertandingkan dalam ISC 2019 ini, yaitu Individual Contest dan Team Contest.

Anak dari pasangan Benny Chairuddin dan Khamelia Destri Anggraini menyampaikan bahwa ketekunandan giat dalam belajar merupakan salah satu kunci sukses dalam mengukir prestasi. Seperti halnya yang dilakukan bahkan belajar hingga larut malam.

"Ayo teman-teman, kita bisa bersaing dengan anak-anak dari daerah maupun dari negara lain asal kan kita mau berusaha dan belajar keras serta tetap terus berdoa untuk mendapatkan yang terbaik," ajak Cleorisya.

Sang ayah Benny Chairuddin, hanya mengarahkan dan memfasilitasi untuk dapat mengembangkan potensi anaknya. Dirinya tidak pernah memaksa tapi memberikan kesempatan untuk Cleo mengikuti semua kegiatan tersebut.

Mulai dari belajar sendiri, kursus dan pendidikan formal, selama Cleorisya dapat menikmatinya dan tidak merasa terbebani dan tertekan. Dia percayabakat hanyalah sebagian kecil dari suatu hasil usaha yang telah dilakukan dan semua butuhproses, perjuangan dan kerja keras.

Satu yang kami tekankan kepadanya untuk mengutamakan pendidikan agama dan karakter karena itu dasar dan bekal untuk sukses di masa yang akan datang. Tetap menjadi manusia yang sederhana, rendah hati, suka menolong orang, jujur, menghormati semua serta dapat menerima kekurangan," tutur Benny.

Meski baru Kelas VI SD, tapi sederet prestasi yang diraih Cleo mulai dari tingkat daerah, nasional maupun internasional. Diantaranya lomba piano, juara menggambar bercerita, vokal, Olimpiade Sains Nasional, Olimpiade Bahasa Inggris.

Kemudian finalis nasional lomba mendongeng Festival Lomba dan Seni Siswa Nasional dan Olimpiade Sains Kuark. Dia juga masuk dalam Tim KPM mewakili negara Indonesia mengikuti International Math & Science Olympiad ( IMSO ) di Vietnam November akan datang.