Dumai Terapkan Inovasi Aplikasi Kemudahan Investasi

id penanaman modal dumai,inovasi pelayanan dumai,berita riau antara,berita riau terbaru,ekonomi riau

Dumai Terapkan Inovasi Aplikasi Kemudahan Investasi

Ilustrasi - Kapal tanker berbendera asing memuat minyak kelapa sawit (crude palm oil) di pelabuhan PT. Pelindo I Dumai di kota Dumai, Riau, Kamis (31/1/2019). (Antaranews)

Dumai (ANTARA) - Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Dumai, Provinsi Riau, menerapkan inovasi baru pelayanan melalui sistem aplikasi potensi investasi atau SIAPI, untuk kemudahan bagi calon investor menanamkan modal.

Kepala DPMPTSP Dumai Hendri Sandra mengatakan, sistem aplikasi ini baru tahap ujicoba dan dibuat karena tuntutan kebutuhan para pemohon perizinan agar mendapat pelayanan yang mudah dan cepat.

"Inovasi ini dibuat karena kemajuan teknologi memudahkan pelayanan semua urusan dan kebutuhan para pemohon perizinan dan penanam modal di daerah," kata Hendri kepada pers, Rabu.

Menurutnya, pada era teknologi maju ini, pelayanan oleh pemerintah dituntut selalu meningkatkan kemampuan, dan melalui SIAPI ini terdapat fitur yang di butuhkan bagi para calon investor dalam kemudahan permohonan perizinan.

Fitur dalam aplikasi SIAPI itu di antaranya, fitur call center, bank data, regulasi, produk investasi, media investasi dan syarat ketentuan dalam investasi.

"Setiap fitur tersedia di SIAPI terus diupdate dan sudah ada fungsi masing-masing, dan ini dirasa sangat bermanfaat bagi para calon Investor yang mau menanamkan modal di Dumai," sebutnya.

Dia berharap semoga kehadiran SIAPI ini bisa menjadi inovasi unggul yang membuat para calon investor menanamkan modal di Dumai semakin banyak karena juga dapat diundur pada Google Play Store.

Sementara, Walikota Dumai Zulkifli As mengaku sangat mendukung inovasi dalam pelayanan di seluruh instansi pemerintah, karena selain sebagai sebuah tuntutan, juga mengikuti kemajuan teknologi yang makin meningkat pesat.

"Melalui aplikasi ini tentunya para investor bisa mencari informasi tanpa harus datang langsung, dan kita harap juga bisa meningkatkan pembangunan dan investasi, sehingga Dumai bisa lebih maju," kata walikota.

Baca juga: Presiden ingatkan adanya ancaman resesi ekonomi tahun depan

Baca juga: Gubernur Riau akan bangun Gedung Pusat Promosi Ekonomi Kreatif

Baca juga: Riau genjot ekonomi kreatif antisipasi penurunan sektor migas, begini rencananya