Pekanbaru serahkan BPNT bagi 13.784 keluarga pra sejahtera

id BPNT, BPNT pekanbaru, kota pekanbaru

Pekanbaru serahkan BPNT bagi 13.784 keluarga pra sejahtera

13.784 keluarga pra sejahtera di Pekanbaru, menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) program Kementerian Sosial Senin (14/10). (ANTARA/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekanbaru serahkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) bagi 13.784 keluarga pra sejahtera, salah stu program dari Kementerian Sosial.

Acara penyerahan simbolis dilakukan oleh Wali Kota Pekanbaru, Firdaus MT di rumah dinasnya di Jalan Ahmad Yani, Kota Pekanbaru.

"Mereka adalah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdata di Dinas Sosial Kota Pekanbaru. Satu keluarga pra sejahtera mendapat BPNT senilai Rp110.000," kata Wali Kota Firdaus di Pekanbaru, Selasa.

Firdaus menjelaskan lewat bantuan tersebut, para keluarga pra sejahtera bisa membeli kebutuhan pangan di puluhan e-warung yang ada. Ada 69 e-warung yang lokasinya menyebar di 12 kecamatan.

Wali Kota Pekanbaru, lebih jauh menjelaskan Bantuan Pangan Non Tunai di Kota Pekanbaru, penyalurannya secara non tunai ini merupakan antisipasi penerima tidak tepat sasaran.

Program ini diluncurkan seiring penerapan teknologi dalam menyalurkan bantuan kepada keluarga pra sejahtera. Mereka yang menerima BPNT adalah pemegang kartu kombo.

Karenanya, Wali Kota juga berpesan agar para Keluarga Penerima Manfaat tidak menyalahgunakan BPNT.

Ia tidak ingin mendapat informasi ada KPM menjual barang bantuan ke e-warung. Mereka bisa gunakan kartu kombo sebagai peningkatan mutu pelayanan.

"Maka pendamping harus memastikan BPNT tepat sasaran, bawa pulang untuk dimanfaatkan bagi keluarga," jelasnya.

Wali Kota berharap program ini bisa mendukung pemenuhan gizi keluarga. Terutama keluarga pra sejahtera di Kota Pekanbaru.

Ia tidak menampik bahwa penyaluran BPNT masih menghadapi kendala. Ada kendala data hingga proses pencairan BPNT.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru, Chairani menyebut bahwa BPNT adalah transformasi dari raskin dan rastra. Masyarakat pra sejahtera nantinya mendapat bantuan secara rutin tiap bulannya.

Para KPM bisa melakukan transaksi secara elektronik. Mereka cukup menggunakan kartu kombo BPNT.

"Mereka menggunakan kartu kombo untuk transaksi di e-warung. Nanti tinggal gesek di mesin EDC," jelasnya.

Pihaknya sudah mempersiapkan data para penerima. Dinas sosial Pekanbaru sudah melakukan verifikasi data sebanyak empat kali dalam setahun.

Program ini bentuk sinergi Dinas Sosial Kota Pekanbaru, Bulog Divre Riau Kepri, BRI, BUMD Pangan Kota Pekanbaru dan Tim Penguatan Pangan Kota Pekanbaru.
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar