Ribuan Muslim Pekanbaru Hadiri Dzikir Bersama

id ribuan muslim, pekanbaru hadiri, dzikir bersama

Pekanbaru, 6/12 (ANTARA)- Ribuan muslim Pekanbaru menghadiri dzikir bersama menyambut tahun baru Islam 1432 di Masjid Agung An Nur, Senin malam.

Dalam kesempatan tersebut, KH Musri mengatakan peringatan tahun baru Islam tidak terlepas dari hijrahnya nabi Muhammad secara fisik dari Mekkah ke Madinah demi memperkokoh Islam.

"Hijrah terjadi dikarenakan adanya teror kepada umat Islam. Islam pada saat itu mulai berkembang dan diteror oleh orang yang tidak senang kepada Islam. Hingga Nabi Muhammad SAW memerintahkan kepada pengikutnya untuk meninggalkan Mekkah dan hijrah ke Madinah," katanya.

Peristiwa ini, menurut dia merupakan upaya pertama untuk menghancurkan Islam. Menurutnya, salah satu cara untuk menghancurkan umat Islam yakni dengan memecah belah persatuan umat.

"Begitu juga Indonesia ketika masa penjajahan Belanda yang memecah belah umat Islam," katanya.

Untuk itu, menurutnya sebagai umat Islam perlu menjaga persatuan dan kesatuan dan tidak mudah terpecah belah dikarenakan provokasi pihak luar. Terutama dalam menghadapi era globalisasi, dimana Islam dipandang dengan sangat sempit dan liberal.

"Pemikiran seperti ini, yang menyebabkan perbedaan pendapat dan mengadu domba umat Islam," katanya.

Selain itu, ia mengajak masyarakat pada tahun baru ini untuk mendekatkan diri kepada sang Pencipta.

Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Wan Syamsir Yus, mengatakan peringatan tahun baru Islam bisa menjadi momentum bagi umat Islam untuk bangkit dan berbuat lebih baik untuk Bangsa.

"Dengan adanya peringatan tahun baru Islam ini bisa membuat umat Islam semakin kokoh, menjaga persatuan dan kesatuan dan memperkuat keimanan dan ketakwaan kita dari hari ke hari," ujarnya saat memberikan sambutan.