Hadiri UKW di Pekanbaru, ini pesan Ketua PWI dan Kapolda Riau

id Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal,Ukw riau

Hadiri UKW di Pekanbaru, ini pesan Ketua PWI dan Kapolda Riau

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal saat menghadiri pelaksanaan UKW PWI Riau. (ANTARA/HO-Polda Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diikuti oleh 30 peserta Pekanbaru, Selasa.

Acara yang digelar selama dua hari ini dibuka langsung Ketua PWI Pusat Hendi Ch Bangun, Asisten III Pemprov Riau Elly Wardany, Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, dan perwakilan dari Kejati Riau.

Ketua PWI PusatHendri Ch Bangun mengatakan, dengan mengikuti UKW ini diharapkan peserta menjadi wartawan yang profesional yang kompeten.

"Karena memang sekarang pilar keempat demokrasi adalah wartawan. Ini merupakan UKW angkatan ke-23. UKW kita ini adalah yang ke-12, selanjutnya akan di adakan di Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Selatan dan seterusnya," kata Hendri.

Dia menargetkan pelaksanaan di bulan Mei ini 10 penyelenggaraan UKW. Pada pelaksanaan Agustus mendatang, kata Hendri, pihaknya menargetkan UKW di 38 provinsi.

"Semoga seluruh peserta dapat meraih hasil maksimal dan lulus dengan nilai terbaik," pungkasnya.

Sementara Kapolda Riau Irjen Po Iqbal memandang kehadiran wartawan sebagai pilar keempat demokrasi sangat berperan penting dalam bernegara.

"Media itu penting sekali. Artinya teman-teman sangat luar biasa. Stabilitas politik, keamanan sangat variable. Kita tidak melihat warna, tidak melihat benefit dan lain sebagainya yang paling penting adalah persatuan dan kesatuan bangsa dan rasa nasionalisme," ujar M Iqbal.

Mantan Kadiv Humas Polri ini menilai profesi jurnalistik itu sangat membanggakan. "Orang-orang jurnalis itu adalah orang-orang yang cerdas dan mempunyai intelektual lebih," sambungnya.

Dia berharap kepada seluruh peserta UKW PWI Riau gelombang ini dapat menjalankan profesi dengan baik, apalagi ketika sudah dinyatakan kompeten.

"Semakin profesional, bertanggung jawab karena tulisan itu bisa menggoyang stabilitas politik keamanan karena mengingat bahwa peranan jurnalis itu sangat penting. Selamat kepada rekan-rekan yang mengikuti uji kompetensi, saya sangat bangga berada di tengah-tengah teman-teman semua," harapnya.