Ribuan bunga penuhi masjid bentuk keprihatinan teror penembakan muslim New Zealand

id teroris,new zealand,christchurch,selandia baru,berita hari ini,berita riau terkini,berita riau antara

Warga meletakkan bunga di depan Masjid Wellington, Kilbirnie, Wellington, Selandia Baru, Sabtu (16/3/2019). Warga Wellington meletakkan bunga sebagai aksi solidaritas pascapenembakan di dua masjid kota Christchurch pada Jumat (15/3). (ANTARA FOTO/Ramadian Bachtiar/pras.)

Pekanbaru (ANTARA) - Masjid Wellington di Kilbirnie, New Zealand (Selandia Baru) kini dipenuhi oleh ribuan bunga. Para warga setempat pada Sabtu meletakan bunga-bunga tersebut sebagai aksi solidaritas pascapenembakan di dua masjid Kota Christchurch.

Sebelumnya, beberapa penembak melepaskan tembakan di Masjid An-Noor dan Linwood di Christchurch sekitar pukul 13.45 waktu setempat (08.WIB), Jumat. Serangan tersebut menewaskan tak kurang dari 49 orang dan membuat lebih dari 20 orang lagi cedera.

Baca juga: WNI korban teroris di Christchurch New Zealand kritis, kedutaan terkendala akses. Kok bisa?

Warga meletakkan bunga di depan Masjid Wellington, Kilbirnie, Wellington, Selandia Baru, Sabtu (16/3/2019). Warga Wellington meletakkan bunga sebagai aksi solidaritas pascapenembakan di dua masjid kota Christchurch pada Jumat (15/3). (ANTARA FOTO/Ramadian Bachtiar/pras.)


Polisi juga menemukan dan menjinakkan dua bom rakitan yang ditaruh di mobil yang diparkir di dekat masjid itu. Empat tersangka --tiga lelaki dan satu perempuan-- ditahan. Namun, polisi mengatakan ada alasan untuk percaya bahwa tidak semua penyerang telah dibekuk.

Aksi brutal ini mengundang keprihatinan warga di seluruh dunia, termasuk juga di Selandia Baru. Selain meletakan bunga di Masjid Wellington, warga juga membuat mural dengan kapur di jalan depan masjid itu, yang menunjukan keprihatinan.

Baca juga: Dua warga Sumbar korban teror penembakan di Masjid Crhistchurch New Zealand. Bagaimana kondisi mereka?

Mural dan bunga di depan Masjid Wellington, Kilbirnie, Wellington, Selandia Baru, Sabtu (16/3/2019). Warga Wellington meletakkan bunga sebagai aksi solidaritas pascapenembakan di dua masjid kota Christchurch pada Jumat (15/3). (ANTARA FOTO/Ramadian Bachtiar/pras.)


KBRI New Zealand menyatakan seorang WNI yang menjadi korban dalam penembakan massal di dua masjid di Kota Christchurch, New Zealand, masih dalam kondisi kritis.

Mereka adalah ayah dan anak. Kondisi paling parah ada pada si ayah karena ditembak berkali-kali, sementara anaknya kena tembakan satu kali.

Kondisi sang ayah atas nama Zulfirmansyah masih kritis dan dirawat di ICU Christchurch Public Hospital, sementara anaknya dalam keadaan yang lebih stabil.

Kedua WNI tersebut tertembak di Masjid Linwood, salah satu masjid yang menjadi sasaran kelompok teroris selain Masjid Al-Noor.

Baca juga: Vidio - Teror penembakan di Masjid New Zealand "live" di Facebook tuai kutukan

Baca juga: Tiga WNI dinyatakan selamat dari teror penembakan mesjid di Christchurch New Zealand


Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar