Pembangunan konstruksi jalan tol layang Jakarta-Cikampek ditargetkan selesai September

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara,tol layang,Pembangunan konstruksi jalan tol layang Jakarta-Cikampek

Pembangunan konstruksi jalan tol layang Jakarta-Cikampek ditargetkan selesai September

Pembangunan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek dengan total panjang 36,40 kilometer hingga akhir Juni 2019 telah mencapai 86 persen (Jasa Marga)

Jakarta (ANTARA) - PT Jasamarga Jalan Layang Cikampek (JJC), kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) menargetkan pekerjaan konstruksi jalan tol layang tersebut dapat selesai pada akhir September 2019.

Hingga akhir Juni 2019, pekerjaan konstruksi Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) atau Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek dengan total panjang 36,40 kilometer, telah mencapai 86 persen.

Baca juga: Puluhan sopir protes perusahaan tol Pekanbaru-Dumai tak bayar uang makan sejak 2018

"Jadi, pekerjaan fisiknya telah mencapai 86 persen dan ditargetkan selesai konstruksinya ada akhir September 2019 untuk selanjutnya dilakukan uji layak fungsi dan layak operasi," kata Direktur Utama PT JJC Djoko Dwijono melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Djoko menjelaskan pekerjaan konstruksi Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) masih menyisakan 139 steel box girder yang belum terpasang dari 2.585 steel box girder yang dibutuhkan dalam proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated).

Pelaksanaan pemasangan steel box girder, kata Djoko, berlangsung setiap hari saat window time, yakni pukul 22.00-05.00 WIB.

Selain itu, pihaknya juga senantiasa berkoordinasi dengan berbagai pihak pelaksana proyek-proyek lain yang berada di sekitar Jalan Tol Jakarta-Cikampek, seperti LRT Jakarta-Bekasi Timur, Kereta Cepat Jakarta-Bandung dan Jalan Tol Cibitung-Cilincing. Koordinasi ini diperlukan agar pelaksanaan pembangunan proyek-proyek di sekitar Jalan Tol Jakarta-Cikampek tidak saling bersinggungan.

"Kendala yang dihadapi sementara ini adalah mengatur sequence pekerjaan dengan kondisi lalu lintas yang sangat padat di dalam window time," katanya.

Solusinya adalah merencanakan pekerjaan dengan sangat detil dan baik karena ada beberapa pekerjaan proyek proyek yang bersamaan, serta tentunya dengan menerapkan metode kerja yang lebih ramah terhadap kondisi lalu lintas.

Berada tepat di sebagian ruas Tol Jakarta-Cikampek eksisting, proyek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Elevated) membentang dari Ruas Cikunir hingga Karawang Barat (Sta 9+500 s.d. Sta 47+500). Nantinya, jalan tol ini berfungsi untuk mengurangi kepadatan panjang yang berada di sepanjang Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek merupakan jalur alternatif bagi pengguna jalan tol yang akan menuju ke Cikampek maupun Bandung. Jalan tol ini juga dapat menunjang distribusi arus barang dan jasa, baik yang menuju maupun keluar Jakarta dari Jawa Barat dan berlanjut dari atau ke Jawa Tengah hingga Jawa Timur.

Baca juga: Arus kendaraan lewat jalan tol diperkirakan capai 5.000 per hari

Baca juga: Pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai 40 Persen Target Rampung 2019


Pewarta: Mentari Dwi Gayati