Universitas Abdurrab Riau dorong wartawan berijazah S1

id univrab riau, univrab, universitas abdurrab,jurnalis berijazah S1

Universitas Abdurrab Riau dorong wartawan berijazah S1

Rektor Univrab Prof Susi Endriani (berjilbab). (Foto Antarariau/Riski Maruto/19)

Pekanbaru (ANTARA) - Rektor Universitas Abdurrab (Univrab) Riau Prof Susi Endriani mendorong kalangan jurnalis memiliki ijazah sarjana (S1) sebagai bentuk peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Prof Susi Endriani usai acara buka puasa bersama di Kampus Univrab Pekanbaru, Kamis, mengatakan kampusnya bisa saja membuka kelas khusus untuk para jurnalis agar bisa meraih gelar sarjana (S1), terutama di bidang ilmu komunikasi.

Perempuan yang baru menjabat rektor sejak sekitar tiga bulan silam ini berharap kampusnya bisa membuka program pascasarjana (S2/S3) Ilmu Komunikasi untuk lebih meningkatkan kualitas SDM jurnalis.

Prof Susi Endriani mengaku kualitas pengajar di kampusnya tidak kalah dengan pengajar di perguruan tinggi lainnya di Provinsi Riau.

Univrab bahkan menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta di Provinsi Riau yang memiliki fakultas kedokteran yang menjalin kerja sama dengan rumah sakit pendidikan di Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Siak.

Lebih jauh, Prof Susi berkomitmen menjadikan universitas yang dipimpinnya sebagai "research university" yang mencetak lulusan berkualitas mampu bersaing di era pertumbuhan 5.0.

Universitas Abdurrab sendiri awalnya adalah Sekolah Menengah Analis Kesehatan pada tahun 1994.

Kemudian pada tahun-tahun berikutnya berdirilah Akademi Analis Farmasi Makanan, Akademi Fisioterapi, Akademi Kebidanan. Kelima akademi ini di bawah lembaga bernama Institut Akademi Kesehatan Prof. Tabrani Rab.

Tabrani Rab adalah tokoh pergerakan di Provinsi Riau yang peduli pada pendidikan dan kesehatan.

Akhirnya, tahun 2005 resmi menjadi universitas dengan empat fakultas dan 11 program studi. Kemudian pada 2008 tercapai cita-cita membuka fakultas kedokteran yang berkembang hingga sekarang.