Univrab Kerjasama Kuliah Umum Dengan Malaysia

id univrab kerjasama, kuliah umum, dengan malaysia

Univrab Kerjasama Kuliah Umum Dengan Malaysia

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Universitas Abdurrab (Univrab) Riau bekerjasama dengan Malaysia untuk menggelar berbagai kuliah umum dalam mengimplementasikan Program Studi Hubungan Internasional Univrab yang sudah berakreditasi B sejak 2014.

"Bahkan Prodi HI Univrab tercatat sudah dua kali melakukan kunjungan ke Konsulat Malaysia di Pekanbaru pada tahun 2014 dan 2015," kata Rektor Univrab Dr Arisman Adnan MSc dalam keterangannya, di Pekanbaru, Minggu.

Ia menjelaskan hal itu terkait kunjungan Dato Seri Zahrain Mohamed Hashim, Duta Besar Malaysia untuk Indonesia baru-baru ini yang sempat menjadi narasumber dalam seminar bilateral "Jelajah Diplomasi Awam Konsulat Malaysia".

Menurut Arisman, Univrab memiliki kesempatan besar untuk lebih meningkatkan kerja sama secara lebih berkualitas di masa mendatang antara Malaysia dan Univrab.

Dia menyatakan, pertemuan itu untuk membangun perkenalan dan jejaring pendidikan lanjutan dengan institusi-institusi pendidikan di Malaysia.

"Sejumlah isu penting lain, seperti Halal Research Center yang sedang dipersiapkan Univrab dalam menjawab tantangan banjir barang dan komoditas di era Masyarakat Ekonomi ASEAN," katanya lagi.

Dimas Pradhasumitra MMSc, Direktur P2K Univrab menambahkan, kerja sama itu bisa menjadi peluang bagi Univrab untuk berkolaborasi dua negara dalam pengembangan Halal Research Center selanjutnya.

Menurut Hizra, Humas Univrab, Dato Seri Zahrain Mohamed Hashim, Duta Besar Malaysia untuk Indonesia mengatakan, selain serumpun dan memiliki banyak sejarah budaya yang sama, Riau pada khususnya memiliki kedekatan yang unik dengan negara jiran Malaysia.

"Tidak ada pilihan lain, Indonesia dan Malaysia harus berkolaborasi membangun kesejahteraan serumpun," kata Dubes Malaysia yang memiliki darah keturunan Minangkabau tersebut.

Atase Pendidikan Kedutaan Besar Malaysia Prof Juzhar Jusoh mengapresiasi posisi Univrab yang dalam waktu singkat dapat meraih posisi perguruan tinggi swasta terbaik kedua di Riau, dan prediket kampus kedokteran swasta pertama di Riau.