Danrem 031/WB ingatkan pentingnya bela negara saat isi kuliah umum

id Danrem 031/WB,Brigjen TNI Dany Rakca Andalasawan,Uin suska riau,Korem wirabima

Danrem 031/WB ingatkan pentingnya bela negara saat isi kuliah umum

Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI Dany Rakca Andalasawan saat mengisi kuliah umum di UIN Suska Riau. (ANTARA/HO-Korem WB)

Pekanbaru (ANTARA) - Komandan Korem 031/Wira Bima Brigjen TNI Dany Rakca ingatkan pentingnya kesadaran bela negara saat memberi kuliah di depan 2.700 mahasiswa baru UIN Suska Riau di Pekanbaru, Senin.

Dalam kesempatan tersebut, Dany menjelaskan situasi global, regional dan nasional serta dampaknya terhadap eksistensi berbangsa dan bernegara.

Menurutnya, berbagai krisis baik energi, pangan, air mampu menyebabkan terjadinya perpecahan dan peperangan di beberapa negara.

Di depan ribuan mahasiswa tersebut, dikatakan Dany, bela negara adalah hak sekaligus kewajiban setiap warga negara. Sebagai mahasiswa, salah satu bentuknya ialah mengambil peran penting dalam membangun masa depan negara.

"Saat ini banyak hal yang dapat merusak generasi muda sebagai penerus kelangsungan suatu bangsa. Jauhi narkoba dan lindungi diri dari kehancuran masa depan. Negara menunggu pengabdianmu," sebut Dany dalam kesempatannya.

Sejarah saat ratusan tahun Bangsa Indonesia dijajah, diharapkannya dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa dalam mengisi dan mempertahankan kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan.

Kuliah umum ini berjalan dengan penuh kehangatan, semangat, komunikatif dan suasana keakraban.

"Selamat berjuang untuk menuntut ilmu kepada seluruh mahasiswa baru UIN Suska Riau," pungkasnya.

Baca juga: Korem WB dan Polda Riau tanam 26.800 bibit bakau

Baca juga: Danrem Wira Bima turun berjibaku padamkan karhutla di Rupat