Pascarusuh dan kebakaran, ratusan Napi Rutan Siak dievakuasi

id Rutan. Rusuh. Kebakaran. ,Siak. Riau.,rusuh rutan siak,rutan,berita riau terbaru,berita riau antara,rutan siak dibakar

Pascarusuh dan kebakaran, ratusan Napi Rutan Siak dievakuasi

Para warga pidana duduk di Gedung Tengku Maharatu, Siak. (Antaranews/Bayu AA)

Siak, Riau (ANTARA) - Ratusan warga binaan Rumah Tahanan Klas II B Siak Sri Indrapura, Provinsi Riau dievakuasi ke Gedung Tengku Maharatu depan Istana Siak akibat bangunan tahanan tersebut dibakar oleh napi yang mengamuk pada Sabtu dini hari.

Berdasarkan pantuan ANTARA, tampak sekitar hampir lebih dari 100 warga binaan duduk melantai di gedung tersebut dengan kawalan ketat kepolisian. Semetara di luar juga berjaga aparat serta juga masyarakat yang terlihat ramai melihat proses evakuasi tersebut.

Sebelumnya kericuhan pecah di Rutan Siak berujung dengan pembakaran hampir seluruh gedung tahanan tersebut. Pada kejadian itu sejumlah warga binaan diketahui menyerahkan diri dan diduga ada juga yang kabur namun belum dikonfirmasi pihak terkait.

Ada sebanyak 648 warga binaan di Rutan Siak yang membuatnya menjadi sangat kelebihan kapasitas. Diperkirakan kelebihannya mencapai 600 persen dengan daya tampung sebenarnya hanya 100 lebih.

Salah seorang napi, Sudanto yang sudah dievakuasi mengatakan awalnya ada kegiatan razia dari pihak rutan. Lalu ada yang kedapatan mengkonsumsi sabu-sabu.

"Lalu datang dari polisi untuk diamankan dan tiga orang dimasukkan ke sel. Pegawai datang dan tahanan itu dipukul. Jadi orang tahanan lain marah semua," katanya.

Dengan cepat dan spontan banyak para warga binaan tersebut marah dan pintu sel masing-masing didobrak. Kemudian bahkan jebol dan hancur oleh para tahanan hingga semuanya bisa keluar dari sel.

"Pintu-pintu dihancurkan, petugas keluar semua," imbuhnya.

Sejak saat itu mulailah rutan dikuasai oleh para napi bahkan sudah mulai melempar keluar. Bahkan ada juga suara tembakan dari dalam yang dikatakan Sudanto itu juga senjata laras panjang yang ada di rutan.

"Mulai pukul 01.00 WIB Sabtu dini hari lempar batu supaya polisi tidak masuk. Ada juga api ketika sudah besar kami lari keluar ke belakang," ujarnya yang bertugas juga di bagian dapur rutan.

Baca juga: Napi mengamuk, Rutan Siak Dibakar

Baca juga: Rusuh dan kebakaran Rutan Siak, diduga akibat kekerasan petugas