Napi mengamuk, Rutan Siak Dibakar

id rutan siak terbakar,rusuh rutan siak,rutan,berita riau terbaru,berita riau antara,siak

Napi mengamuk, Rutan Siak Dibakar

Api berkobar di bagian depan Rutan Siak (Antaranews/Bayu AA)

Siak, Riau (ANTARA) - Narapidana di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas II B Siak Sri Indrapura, Provinsi Riau, mengamuk dan membuat kerusuhan hingga diduga membakar bangunan dengan api berkobar hebat di bagian depan rutan tersebut Sabtu dini hari, sekitar pukul 02.00 WIB.

Pantauan di lapangan semua aparat tampak turun ke lokasi termasuk Kepala RutanKlas II B Siak Sri Indrapura, Gatot Suariyoko.

Awalnya, pihak rutan dan kepolisian mencoba menenangkan warga binaan di dalam dan memasukkan mobil pemadam kebakaran area rutan.

Kemudian aparat menyemburkan gas air mata ke dalam bangunan rutan. Dari dalam terlihat ada lemparan batu dan seperti mercon bahkan api mulai terlihat dari sisi kanan dari luar rutan.

Api selanjutnya semakin membesar dan berkobar sampai kepada atap pintu masuk rutan. Mobil pemadam kebakaran pun kemudian menyemprotkan air di bagian bangunan yang terbakar.

Dalam kejadian tersebut ratusan masyarakat juga terlihat menyaksikan peristiwa miris tersebut. Belum diperoleh keterangan dari pihak terkait terkait penyebab kerusuhan tersebut.

Hingga pukul 02.30 WIB api masih berkobar di dalam Rutan Siak dan mobil pemadam kebakaran pun ditambah. Terlihat rangka-rangka kayu bangunan rutan sudah menjadi puing bara berwarna merah.

Saat ini juga belum diketahui bagaimana kondisi di dalam rutan. Apakah para napi yang jumlahnya 500 lebih dalam keadaan aman di dalam atau ada yang berupaya melarikan diri.

Sementara masih terjadi kebakaran, sejumlah ledakan juga terdengar keluar. Masyarakat ada juga yang histeris terutama dari kaum perempuan yang berkemungkinan memiliki keluarga di dalam rutan.

Baca juga: Rusuh dan kebakaran Rutan Siak, diduga akibat kekerasan petugas

Baca juga: Pantau kebakaran Rutan Siak, Kapolda Riau belum pastikan jumlah napi kabur