KPU Pekanbaru sahkan perolehan suara 7 kecamatan, Prabowo-Sandiaga unggul sementara

id pleno kpu,rekapitulasi suara pemilu 2019,pemilu 2019,pleno kpu pekanbaru,KPU,berita riau antara,berita riau terbaru,prabowo,pilpres 2019,prabowo sandi

KPU Pekanbaru sahkan perolehan suara 7 kecamatan, Prabowo-Sandiaga unggul sementara

Proses pembukaan kota suara oleh PPK saat rapat pleno terbuka rekapitulasi suara pemilih umum 2019 tingkat Kota Pekanbaru (Antaranews/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Hari pertama pelaksanaan pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pekanbaru, hanya bisa mengesahkan perolehan suara Presiden dan wakil Presiden serta legislatif 2019 di tujuh kecamatan dari sembilan yang dijadwalkan semula.

"Dari informasi memang rencana ada sembilan yang sudah rekap, tetapi kotaknya yang sudah diserahkan baru ke KPU baru tujuh," kata Ketua KPU Pekanbaru, Anton Merciyanto kepada ANTARA di Pekanbaru, Sabtu.

Anton menyatakan hal ini dikarenakan dua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yakni, Bukit Raya dan Marpoyan Damai, belum selesai menandatangani berita acaranya. Sehingga surat suara belum bisa bergeser walau sudah selesai proses pleno di kecamatan.

Dengan demikian sebut Anton, dua PPK tersebut akan disamakan plenonya dengan tiga kecamatan lain yang kini belum selesai sama sekali penghitungan surat suaranya.

"Jadi nanti tahap akhir yang dua PPK ini akan kita samakan penghitungannya dengan tiga lagi yakni, Tampan, Payung Sekaki dan Tenayan Raya," ujarnya.

Menurut dia jadwal repat pleno akan berlangsung dari 4-7 Mei. Jadi setelah semua selesai pleno hasil akhir akan merangkum keseluruhan perolehan suara 12 kecamatan di Pekanbaru pada hari terakhir.

Pantauan antara pleno perolehan suara terbuka Komisi Pemilihan Umum Pekanbaru, masih mengesahkan perolehan suara Presiden dan wakil Presiden pada pemilu 2019 untuk tujuh kecamatan di Pekanbaru, yakni Limapuluh, Rumbai, Rumbai Pesisir, Pekanbaru Kota, Sail, Senapelan, Sukajadi.

Pleno perolehan suara Presiden dan wakil Presiden pada pemilu 2019 berlangsung hingga sesi istirahat siang, kemudian dilanjutkan dengan penghitungan suara DPR RI, selanjutnya DPD RI demikian seterusnya hingga DPRD Pekanbaru.

Dari data yang berhasil dihimpun ANTARA hasil perhitungan surat suara sementara presiden dan wakil presiden 2019 untuk tujuh kecamatan, suara terbanyak diraih oleh calon nomor urut 2, Prabowo Subianto -Sandiaga Uno dengan perolehan suara 115.151 dan nomor urut 1 Joko Widodo -Maruf Amin meraih 48.200.

Baca juga: Pleno rekapitulasi perolehan suara di Pekanbaru molor dan sepi peserta

Baca juga: Golkar raih suara terbanyak pada Pemilu 2019 di Inhil