Pleno rekapitulasi perolehan suara di Pekanbaru molor dan sepi peserta

id Pleno,pleno sepi,pemilu 2019,pleno pemilu kpu pekanbaru,kpu,berita riau antara,berita riau terbaru

Pleno rekapitulasi perolehan suara di Pekanbaru molor dan sepi peserta

Suasana rapat pleno terbuka Pemilu 2019 tingkat Kota Pekanbaru, Sabtu (4/5). (Foto Antarariau/Vera Lusiana/19)

Pekanbaru (ANTARA) - Rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilihan umum Presiden dan wakil Presiden serta legislatif 2019 untuk sembilan kecamatan, tingkat Kota Pekanbaru, molor satu jam dari jadwal seharusnya mulai pukul 09.00 WIB.

Meski sudah molor hampir satu jam lebih, ternyata jumlah kehadiran undangan terkait sangat minim. Dari sekitar 300 an kursi yang disediakan pihak hotel, hanya berisi sekitar 50 persen saja.

Pantauan Antara dari unsur Forkopinda yang hadir tampak hanya tiga yakni Sekretaris daerah Pekanbaru, M Noer, Kapolres Pekanbaru, Dandim 03101 masing-masing diwakilkan.

Empat kursi saksi masing-masing Caleg yang disediakan panitia juga tampak rata-rata hanya dihadiri satu hingga dua orang saja.

Usai pembukaan Ketua KPU Pekanbaru, Anton Mercyanto menyatakan pihaknya sudah menyebar undangan sebanyak 300-an.

"Kita undang semua, dan sampaikan ada Forkompinda, ormas, MUI, NU, Rektor, saksi semua partai dan Caleg dan sebagainya," ujar Anton.

Diakuinya kehadiran pleno ini minim, namun pada intinya unsur penting yang diwajibkan hadir yakni komisioner KPU, Bawaslu, saksi presiden, caleg, danPPK.

"Nanti kalau diundang sedikit menyalahi," pungkasnya.

Perlu diketahui Komisi Pemilihan Umum Kota Pekanbaru mulai menggelar Rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilihan umum Presiden dan wakil Presiden serta legislatif 2019 untuk sembilan kecamatan.

Dari 12 kecamatan di Pekanbaru baru sembilan yang bisa diplenokan perolehan suaranya, karena PPK yang diplenokan tingkat kota merupakan PPK yang sudah selesai melakukan pergeseran kotak surat suara di KPU.

Sementara tiga kecamatan yang belum bisa dilakukan pleno perolehan suara pemilunya yakni, Tampan, Tenayan Raya dan Payung Sekaki. Karena kini masih dalam tahap pleno di kecamatan.

Berdasarkan data yang dihimpun antara dari KPU Pekanbaru, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di 12 kecamatan setempat sebanyak 507.213 dengan rincian pemilih laki-laki 250.082 dan perempuan 257.131. Sedangkan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah tersebut 2.448 dengan 12.240 kotak suara.