Bupati Rohil harapkan pemilih pemula gunakan hak pilih

id Pemilu 2019,pilpres rohil, jokowi riau, prabowo riau

Bupati Rohil harapkan pemilih pemula gunakan hak pilih

Bupati Rohil Suyatno, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rohil Muhammad Rusli Syarif, serta Forkopimda foto bersama pelajar SMA/sederajat se Kecamatan Bangko, Sabtu (30/3/2019). (Antaranews/ Dedi Dahmudi)

Rokan Hilir, Riau (ANTARA) - Bupati Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, Suyatno mengharapkan kepada pemilih pemula di daerah itu agar menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Umum serentak yang akan berlangsung pada 17 April 2019.

"Kita mengajak kepada anak-anak kita yang tahun ini sebagai pemilih pemula, supaya memberikan hak suaranya pada pesta demokrasi Pemilu nanti," kata Suyatno usai memimpin apel sosialisasi dan pengarahan tentang pemilih pemula bagi pelajar SMA/sederajat se Kecamatan Bangko, di halaman kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) setempat, Sabtu.

Dalam pengarahannya, Bupati memberikan masukan kepada para pelajar pemilih pemula supaya mereka punya hak politik, dan punya kesadaran arti pentingnya sebuah demokrasi Pemilu.

"Nah, inilah yang baru pertama kali nanti anak-anak kita melakukan pencoblosan memberikan hak suaranya. Itu silahkan saja hak pilihnya kepada siapa," katanya.

Namun yang paling penting ia berharap tidak hanya pelajar saja yang masih pemula, tetapi tingkat partisipasi masyarakat Rohil juga sangat diharapkan.

"Jangan sempat menurun dari hasil evaluasi pemilihan Gubernur kemarin hanya 51 sekian persen. Tingkat kesadaran masyarakat itu yang perlu kita genjot, yang perlu kita dongkrak," ujarnya.

Bupati juga menyampaikan bahwa bagi masyarakat yang belum mempunyai e-KTP khususnya bagi pemilih pemula, dimana pemerintah memberikan jalan keluar pada hari Sabtu dan Minggu tetap memberikan pelayanan e-KTP menjelang Pemilu.

"Jadi mulai besok, Minggu (31/3) saya minta Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk menyiapkan mobil pelayanan e-KTP kita parkir di depan kantor BPKAD, dengan syarat harus membawa Kartu Keluarga-nya," kata Suyatno.

Ia kembali mengharapkan kepada semua masyarakat Kabupaten Rohil untuk menggunakan hak pilihnya.

"Ayo datang beramai-ramai pada tanggal 17 April yang akan datang. Berikan hak politiknya, berikan hak pilihnya di sana. Yang penting bagaimana tingkat partisipasi masyarakat itu meningkat, itu yang paling penting," ujarnya.