108 Murid MTs Pondok Pesantres Bangkinang ikuti UAMBN-BK

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara, MTs,MTs Bangkinang,UAMN-BK

108 Murid MTs Pondok Pesantres Bangkinang ikuti UAMBN-BK

Siswa mengikuti Ujian Akhir Madrasah Bertarap Nasional-Berbasis Komputer (UAMBN-BK). (Antaranews)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 108 murid Madrasah Tsanawiyah (MTs) Pondok Pesantren (Ponpes) Muallimin Muhammadiyah Bangkinang, Kabupaten Kampar, mengikuti Ujian Akhir Madrasah Bertarap Nasional-Berbasis Komputer (UAMBN-BK).

"UAMBN-BK digelar seiring berkembangnya teknologi dan banyaknya madrasah yang sudah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer, dan UAMBN-BK diwajibkan bagi madrasah yang sudah mempunyai perangkat komputer sesuai dengan standar UNBK nasional," kata Humas KanwiL Kemenag Riau, Musdhalifah di Pekanbaru, Jumat.

Baca juga: 12.248 siswa SMP/MTs Rokan Hilir akan ikuti UN

Menurut Musdhalifah, madrasah yang sudah melaksanakan UNBK maka ketersedian sarana dan prasarananya sudah tidak diragukan lagi atau sudah melengkapinya dengan komputer.

Sedangkan madrasah yang belum memiliki standar UNBK, lanjutnya, maka tetap melaksanakan UMBN dengan sistem yang selama ini dilakukan yaitu Berbasis Kertas dan Pensil, atau disebut juga dengan UAMBN-KP.

"Sistem UAMBN-BK hampir sama dengan sistem UNBK yaitu terdapat komputer server yang disingkronkan dengan server pusat. Kemudian server digunakan pengguna dengan menghubungkan ke jaringan agar bisa diakses dan mengerjakan soal melalui komputer," katanya.

Sementara itu, Pimpinan Ponpes Muallimin Muhammadiyah Bangkinang, Makmur SHI menyebutkan, dari 108 jumlah murid pondok yang mengikuti UAMBN-BK pada tahun pelajaran 2018/2019 terdiri atas murid laki-laki sebanyak 52 orang dan murid perempuan sebanyak 56 orang.

Untuk mata pelajaran yang diuji, katanya, pada hari pertama Rabu (20/3) adalah Al-Qur`an Hadis.

"Alhamdulillah pelaksanaan ujian akhir Madrasah bertaraf nasional berbasis komputer tahun 2019 berjalan dengan lancar, aman dan kodusif, sesuai dengan yang diharapkan dan semoga keberhasilan ini juga terjadi pada hari-hari berikutnya," kata Makmur.

Baca juga: Bupati dan Rombongan Tinjau UNBK SMP/MTs di 4 Sekolah Kecamatan Pinggir dam Mandau

Baca juga: Tahun lalu Hanya 25 SMP/Mts di Pekanbaru yang Ikut UNBK, 2018 Bagaimana?


Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar