Gawat, Luas lahan terbakar Riau Melonjak dalam 5 Hari Terakhir

id Karhutla, kebakaran lahan, BPBD Riau,helikopter ,karhutla riau 2019

Gawat, Luas lahan terbakar Riau Melonjak dalam 5 Hari Terakhir

arsip foto. Kebakaran hutan dan lahan di Riau (Antara News/FB Anggoro)

Pekanbaru, (Antaranews Riau) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau menyatakan luas kebakaran hutan dan lahan melonjak dua kali lipat dalam lima hari terakhir, dan tercatat selama Februari ini mencapai 497,71 hektare.

Angka tersebut meningkat dari awal pekan ini luas lahan gambut yang terbakar mencapai 267 hektare.

Kepala BPBD Riau Edwar Sanger kepada Antara di Pekanbaru, Jumat, mengatakan cuaca kering yang melanda pesisir Riau seperti Bengkalis, Dumai, Meranti dan Rokan Hilir menyebabkan kebakaran meluas dengan masif.

"Kebakaran terluas terjadi di Kabupaten Bengkalis dengan total 322 hektare," kata Edwar.

Baca juga: Orangtua di Dumai Liburkan Anak Sekolah Akibat Kabut Asap

Sepanjang pekan ini, Bengkalis merupakan wilayah yang mengalami kebakaran hebat. Sekitar 200 hektare lahan gambut di Pulau Rupat, Bengkalis terbakar dan hingga kini belum dapat dikendalikan.

Padahal, berdasarkan data Antara, awal pekan ini total kebakaran lahan di Bengkalis hanya seluas 131 hektare, dan hingga Jumat ini telah mencapai 322 hektare.

Selain di Bengkalis, kebakaran juga melanda Kabupaten Rokan Hilir dengan luas mencapai 112 hektare. Sedangkan di Kota Dumai, kebakaran juga masih berlangsung hingga awal pekan ini tepatnya di Kecamatan Sungai Sembilan dan Medang Kampai dengan luas mencapai 31,5 hektare.

Selanjutnya kebakaran lahan juga terpantau di wilayah peisir Riau lainnya, tepatnya di Kabupaten Kepulauan Meranti dengan luas 2,2 hektare.

"Untuk di Bengkalis dan Dumai upaya pemadaman masih terus berlangsung hingga hari ini," ujar Edwar.

Baca juga: BPBD: Karhutla di Bengkalis Meluas Capai Ratusan Hektare

Selain wilayah pesisir Riau, kebakaran juga terjadi di wilayah Riau daratan. Di Kabupaten Kampar, tercatat luas kebakaran mencapai 14 hektare.

"Dan di Pekanbaru seluas 16,01 hektare terbakar," ujarnya.

Kebakaran lahan yang melanda Riau, terutama wilayah pesisir mulai menyebabkan kabut asap. Wilayah Dumai dilaporkan mengalami kabut asap cukup parah sepanjang pekan ini.

Baca juga: BMKG Deteksi 68 titik panas di Provinsi Riau

Baca juga: Dua Helikopter Berjibaku Padamkan Kebakaran Lahan Bengkalis